Tuesday, November 12, 2013

Guru Favorit

Beberapa bulan lalu, saya datang ke acara reuni akbar SMP yang bertempat di Qi Dine & Lounge Hotel Sultan. Senang bisa ketemu lagi sama temen lama, bahkan sahabat yang udah bertahun-tahun gak ketemuan. Kami pun mengobrol tentang masa lalu termasuk tentang guru-gurunya. Dan ternyata kalau tentang guru jawaban kami seragam.

Adalah seorang guru bernama Pak Soegiono. Beliau wali kelas saya waktu kelas 3. Dan sepertinya gak hanya saya, tapi banyak teman yang ketika ditanya tentang guru yang langsung teringat pertama kali adalah Pak Soegiono. Memang sepanjang ingatan saya, beliau adalah guru yang ramah dan gaul tapi gak hilang wibawanya.

Di acara reuni tersebut kami sempat mencari-cari beliau. Sayangnya gak ketemu, mungkin karena ramainya. Mengejutkan ketika justru Pak Soegiono, lah, yang menemukan kami. Dan lebih mengejutkan lagi, beliau masih hapal nama-nama kami!

Saya katakan mengejutkan karena yang namanya guru itu muridnya pasti banyak sekali. Ditambah lagi setelah bertahun-tahun, para muridnya bertumbuh besar. Wajah-wajah polos ala anak SMP, sudah berganti jadi wajah-wajah tua eh dewasa maksudnya :p Tapi beliau masih ingat nama-nama kami. Menyenangkan sekali! :)

Beliau masih mengajar di SMP yang sama. Tinggal tahun terakhir setelah itu pensiun katanya. Wajah dan penampilannya gak terlalu mengalami banyak perubahan. Sepertinya Pak Soegiono ini awet muda sekali, sementara mantan murid-muridnya bertambah tua hahaha. Tetep murah senyum. Mungkin senyumnya ini yang jadi rahasia awet muda Pak Soegiono

Semoga bahagia dan sukses selalu, ya, Pak. Aamiin. Jasa Bapak sangat besar bagi murid-murid termasuk bagi saya.

Apakah teman-teman punya guru favorit saat sekolah?

13 comments:

  1. saya juga punya guru favorit, mak. dari TK sampai sekarang kuliah, pasti ada satu guru yang sangat saya idolakan. tapi siapakah dia, cukup saya yang tahu #nahloh #curiga
    hahaaa

    ReplyDelete
  2. Akika punya donk guru favorit, namanya Ibu Kris, manis dan pintar bahasa Inggris
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  3. ada dong mbak. tapi banyak sih guru favorit sesuai tingkat pendidikan. Di SMP ada guru bahasa Indonesia, Bu Erma dan Pak Harmadji, beliaulah yang mengenalkan saya akhirnya suka sama puisi. Terakhir ada Pak Rahardjo, guru pas di SMA yang ngajar teater dan musik. Guru terakhir ini udah kayak ayah sendiri dan setiap kali mudik hampir selalu ketemu. Ah, kangeeen mereka. Jadi pengen nulis guru favorit :)

    ReplyDelete
  4. Guru favoritku selalu saja guru Matematika. Pdhl aku gak jago Matematika. Sangat aneh. Hehehehe... soalnya, mereka keren. Dan aku selalu pengen jago seperti mereka. Sayang seribu sayang, gak pernah kesampean :D

    ReplyDelete
  5. guru favoritku,,SMA ada guru olehraga,,soalnya bisa di nego,,baik bgt,,ngga bisa senam lantai,,ngga ikut ngga pp,,ngga kuat lari,,boleh deh jalan aja,,abs olahraga boleh pulang dulu k rumah,,mandi he he

    ReplyDelete
  6. Punyaaaa... Guru kesenian waktu SMP di Pekanbaru, Pak Irmansyah. Banyak ilmu yang beliau ajarkan masih saya ingat.

    ReplyDelete
  7. punya saya mbk,namanya ustadzah ing hehehe....supel,sering ngejek saya,sering bangunin kalo lagi tidur di kelas *eerrrrr ^^

    ReplyDelete
  8. ah, banyak banget guru favorit. tapi paling inget ya Pak Teguh, beliau yang mengajarkan saya matematika ketika kelas 3 SMP. Beliau mengajarkan cara cepat menghitung x+y=xy, padahal hitungan itu paling sulit buat saya, tapi berkat beliau nilai matematika pas ujian akhir meroket dan saya menyukai matematika. Sempat terpikir jadi guru matematika juga tapi waktu menghantarkan saya ke Akuntansi. hihi

    ReplyDelete
  9. selamat hari guruuuu..dan guru favorit memang akan selalu terkenang di hati :D...yang paling galak juga selalu inget yaaa maak :D...

    ReplyDelete
  10. baru ngeh kalau hari ini hari guru :) selamat buat para guru

    ReplyDelete
  11. aku juga banyak punya guru favorit,.guru favoritku pertama kali itu namanya Pak Kosasih, wali kelasku saat kelas 4 SD. Kenapa Favorit? karena lewat beliau lah daku tau kalau belajar itu bukan sekedar tau saja lalu dapat nilai bagus, tapi harus mengerti, memahami dan mengamalkan ilmu yang kita pelajari. kelas $ itu khan mikirnya belajar cuma calistung, lewat buku. tetapi ngelap kaca, siram tanaman itu termasuk proses belajar juga ^^ Ya Allah, terakhir ketemu saat lulus SD karena habis itu beliau pindah sekolah. Seoga masih sehat panjang umur...
    Makasih Mak Myraaa udah posting ttg guru favorit ^^ mengenang pada guru-guru yang sudah banyak berjasa dlm hidup kita.

    ReplyDelete
  12. seneng ya ktemu guru & tmn2 sekul dl...aku jg punya guru yg slalu ku ingat wkt SMK (dl SMEA ), dua2nya guru akuntansi, yg satu suka ngajari aku, yg satu slalu mengingatku..hehe...bkn ada apa2 lo...cm beliau mengingat aku kr aku kata beliau murid yg paling pintar spjng beliau mengajar...hehe..( jd tersipu2 )...sring beliau bertanya pd adek2 klas rmhnya mn, klo sm desanya sm dg aku, knal aku, beliaunya pasti berkata , belajar sm dia ya...dia itu murid yg pandai akuntansi,,,hihi ( duh tersanjungnya diriku...#tutup muka#,...)

    ReplyDelete
  13. pastinya punya guru favorite, ngajar fisika, namanya lupa.....kelewatan ya....

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...