Wednesday, January 15, 2014

Makanan Sisa Jangan Langsung Dibuang

Masih tinggal bersama orang tua sebetulnya ada enaknya juga. Irit sama urusan biaya makan hehehe. Saya bukannya gak mau ngeluarin uang untuk urusan makanan, tapi mamah sendiri yang meminta sebaiknya untuk makan beliau aja yang masak. Alasannya, sering mubazir kalau saya juga masak.

Kalau dipikir-pikir, bener juga kata mamah. Mamah masak paling cuma dimakan berdua sama papah. Sementara kalau saya paling sering berempat. Tentu akan jadi mubazir kalau semuanya masak. Untuk mengatasinya, kadang saya masak hanya 1/2 resep saja. Tapi, gak semua masakan enak dibikin dengan 1/2 resep aja. Paling gak, capenya sama hehe.

Walopun begitu, gak enak juga kalau nebeng terus biarpun mamah yang minta. Sesekali saya masak, kok. Eits! Tapi, kalau urusan bekal sekolah itu udah pasti setiap hari saya yang masak, ya.Untuk makan siang dan malem aja yang kadang numpang :p

Selain gak enak numpang terus, ada beberapa makanan yang seleranya sedikit berbeda. Mamah saya masakannya lebih ke asin (tapi bukan keasinan) rasanya, mengikuti selera papah. Sementara saya, lebih ke manis (tapi bukan kemanisan) mengikuti selera suami. Bingung? Oke, salah satu contohnya adalah ketika membuat sambal terasi. Papah gak suka sambal terasinya dikasih gula. Sedangkan saya, kalau bikin sambal terasi suka dikasih gula merah sedikit.

Kalau masak kangkung, sisa batangnya suka dikasih ke ikan Koi. Dan, di rumah juga gak ada yang suka pinggiran roti tawar. Sementara, kalau beli yang udah dipotong pinggirannya, harganya lebih mahal. JAdi, kasih aja pinggirannya ke ikan Koi. Asal jangan kasih ikan Koi makan banyak, ya. Nanti sakit.

Berikut ini ada beberapa tips yang biasa saya lakukan kalau lagi memasak, dan kebetulan masakannya gak habis dalam sehari :
  1. Kalau masak opor ayam, rawon, atau semur daging gak langsung habis, sebetulnya masih bisa dihangatkan untuk dimakan keesokan harinya. Tapi, terus menerus dihangatkan, suka jadi terasa alot dan kering tekstur dagingnya. Kuahnya juga udah hilang. Nah, mendingan disuwir-suwir. taro di wadah tertutup rapat, trus masukin kulkas. Daging yang udah disuwir bisa kita pakai untuk nasi goreng
  2. Beberapa kali, saya masak sayur sop, kuahnya suka habis duluan. Mau dibuang sisa sayurnya, kok, sayang banget. Ya, udah potong kecil-kecil, kasih terigu, dan telor. Jadi, deh, bakwan. Gak perlu pake nasi makannya. Sediain aja cabe rawit, atau kalau lagi kerajinan bikin bumbu kacang. Pasti tandas dalam sekejab, deh :)
  3. Biasanya, di rumah selalu diusahakan nasi itu kalau malam habis. Jadi, pagi hari tinggal masak lagi. Tapi, kalau gak habis suka di taro di magic jar. Cuma, gak tau kenapa, kadang suka jadi kuning dan agak berbau nasinya. Mau dibuang sayang, karena sebetulnya belum basi. Biasanya, saya bikin nasi goreng putih. Bumbunya simpel, cuma dikasih bawang putih dan garam. Bau gak enaknya langsung hilang. Malah, rasa nasi juga jadi lebih gurih.
  4. Masih tentang nasi, katanya nasi goreng itu paling enak kalau nasinya pera bukan yang pulen. Daripada saya ngeluarin uang lagi buat beli nasi yang pera, biasanya nasi putih saya masukin ke kulkas dulu beberapa saat. Setelah terasa keras, baru dibikin nasi goreng. Supaya jangan sampai merusak kulkas, nasi harus dimasukkan dalam keadaan dingin, ya.
  5. Kalau masak ayam bumbu kuning, sisa bumbunya suka tersisa banyak. Padahal ayamnya udah habis. Biasanya, suka saya campurin ke nasi. Rasanya enak, kayak nasi kuning tapi digoreng. Cuma, yang paling juara itu sisa bumbu rendang, dong! Campurin ke nasi, trus digoreng. Selain rasanya maknyuuuusss, juga membantu penggorengan jadi lebih bersih. Gak terlalu ribet nyucinya nanti hehehe.
Kalau dilihat-lihat lagi, semuanya dibikin nasi goreng, ya? Kecuali yang nomor 2. Sebetulnya gak harus jadi nasi goreng juga, sih Dibikin jadi omelet? Perkedel? Atau lainnya? Silakan aja. Yang penting, gimana caranya supaya makanan gak jadi mubazir. Plus, jadinya irit. Iya, kaaaaan?

Makanan sisa cuma boleh dibuang kalau udah basi atau bener-bener gak layak dimakan lagi :)

28 comments:

  1. Tipsnya oke punya, Mak. Irit memang tak berarti pelit yak! Intinya adalah bagaimana menyiasati agar tak mubazir ya, Mak?
    Sukses untuk ngontesnya. :)

    ReplyDelete
  2. hahahaa...nomor 3 juga andalanku Mak Chi ;)

    ReplyDelete
  3. Maaaak..sama aku juga suka berkreasi dengan makanan sisa walau kadang yg makan aku sama anak2 aja :D

    ReplyDelete
  4. point 5 itu, bumbu rendang dicampur nasi di penggorengan sering banget aku praktekkin waktu masih kecil....hahahahaa....

    ReplyDelete
  5. xixixixi, no. 2 dan 5 aku bangeeettt :))¨
    ternyata banyak emak2 pecinta daur ulang disini :))

    ReplyDelete
  6. Ya ya ya... aku malah yang paling sering masukkin sayuran enggak kemakan atau lauk gak kemakan ke kulkas, kalau ingetnya tiga hariaaan, jadilah dibuang...yang koar-koar suamiku *tapi sering banget masakan enggak habis *haduuuh mubasir banget ya...tipsnya Mak Myra sungguh ok. Makasih ya Mak

    ReplyDelete
  7. Aku pernah bikin nasi kebanyakan air mbak Chi, jadi lembek bgt kan, trus akalin aja, tambah air terus2an sambil tombol 'on'nya nyala terus, jadilah bubur ayam dimasak di rice cooker qiqiqiqi.. *eh, bisa jadi bahan postingan utuk ikut GA sepertinya nih ya* hahahaha

    Gudlak ngontesnya mbak Chi ;)

    ReplyDelete
  8. Nasi goreng memang menjadi menu penyelamat. Dan rasanya juga enak. Barau beberapa hari yang lalu saya melihat emak menggoreng nasi di wajan bekas rendang :D

    Terima kasih sudah ikutan GA Irit tapi Bukan Pelit. Sudah tercatat sebagai peserta :)

    ReplyDelete
  9. Wah info nya bermanfaat sekali, kalau ibu saya dulu kalau ada gulai yang sudah dikit dipanggang atau di panasin terus jadi rendanh deh, hihi

    ReplyDelete
  10. Senasib sama saya, Maak...daripada mubazir :)
    Itu nasi masukin kulkas dulu ya...baiklah baiklah ^_^

    ReplyDelete
  11. mgkn kt sbg emak itu sehati...nasi goreng slalu jd andalan...hehe...mantap tipsnya mak...

    ReplyDelete
  12. tipsnya simpel tp mengena sekali bun, ini namanya irit dan enak.. hehe.. :D

    ReplyDelete
  13. menarik ya...semuanya ternyata bisa bermanfaat asal mau mengolah dengan cerdas :)

    ReplyDelete
  14. Intinya : hemat secara proporsional ya Jeng
    Emak dulu juga suka mbuat nasi goreng dari makanan kemarin kok, saya suka tuh
    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  15. itu kalo ikan koi dikasih makan kangkung nanti yg punya makan apa? hehe
    ini tips emak2 bangget ^^

    ReplyDelete
  16. yg no.1, 3 ma 4 itu yg sering aku pake mba,,cocok bgt tips iritnya mba,,

    ReplyDelete
  17. Tips ngiritnya oke banget mak Chi.
    saya kalo masak dikit2 aja. cukup untuk sekali makan. semua lebih suka masakan dengan bumbu sederhana. kalo masak yg berat seperti opor dkk, baru deh masaknya untuk seharian. jarang sisa kecuali kuahnya.

    ReplyDelete
  18. Kalo sisa atau potongan sayuran biasanya saya dipake untuk pupuk tanaman. Jika sisa nasi untuk burung liar (emprit dkk) yang suka datang di atas dapur belakang rumah.

    Tipsnya oke banget Mbak Myra Anastasia :)

    ReplyDelete
  19. Wah ternyata kita sama mbak.. suka mensiasati makanan yang gak habis. Kalau dibuang emang sayang, memang lebih baik diolah lagi menjadi makanan 'baru' hehehe.
    Gutlak utk kontesnya. :)

    ReplyDelete
  20. yang poin nomor 5 sering dilakukan oleh ibu...

    ReplyDelete
  21. Wah sama kita Mbak, emang ga tega buang makanan ya. no 2 dan 5 sering bgt aku praktekin,kdg juga kl nasi tgl dikit bgt ya tebar di luar buat burung ato campur ikan pindang dikit kasih mueza deh, kucing aku :)

    ReplyDelete
  22. setujuuuuu maaaak :D....makasih tipsnyaaa....kalau bumbu ayam, aku suka cemplungin tempe dan tahu...jadi enaaak rasa ayam hehehe...sukses kontesnya maaak :D..

    ReplyDelete
  23. suka sayang kalo nasi sisa di magic jar masih bagus tp warnanya kuning dibuang, lagian kalo dibuang pamali katanya hehe...tipsnya oke mb :)

    ReplyDelete
  24. hari ini memang penampilan jadi lirikan nomor satu, mari coba cara nyaman mencegah gemuk dengan coklat valentine selamat mencoba coklat valentine nya :)

    ReplyDelete
  25. Toss ah Maak ;)
    Saya suka sekali mengolah makanan sisa. Maksudnya yg belum basi. Soalnya saya paling anti membuang makanan. Pokoknya semuanya harus habis. Suami paling gak suka kalau lihat saya buang2 makanan.

    Lauk kering, kalau udah bingung mau diapain lagi tinggal iris2 kecil dicampurin ke nasi goreng atau dimasukin ke sayur lodeh. Kalau udah mati ide, biasanya saya kasihkan ke ayam peliharaan. Alhamdulillah tetap bermanfaat :)

    Terima kasih sudah berbagi di giveaway irit tapi bukan pelit :)

    Salam,
    @apikecil

    ReplyDelete
  26. Entahlah ini postinganmu jaman kapam Mak Myra..yg pasti sangat menolong, bayiku semenjak usia 8bln sdh makan nasi(lembek) skrg doi 12bln, makannya kdg suka moody kaya hari ini masak nasi banyak eh doi ga makan sama sekali jadinya cari2 resep buat olah nasi sisanya..eh kamu ada tips jg suruh masukin kulkas tuh nasi biar keras..thanks ya... ��

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...