Wednesday, August 14, 2013

Setiap Zaman Ada Gayanya

Belum lama ini saya pernah membaca berita di internet kalau seseorang (umumnya perempuan atau anak alay) yang suka berpose duck face ketika difoto menandakan adanya gangguan psikologis. Pose duck face adalah memajukan bibir ketika difoto.

Menurut sebuah penelitian psikologi katanya orang yang suka berpose duck face menandakan adanya gangguan psikologis terutama terhadap berkurangnya rasa percaya diri pada bagian wajah dan tubuh. Benarkah demikian? Hmmm ... berhubung saya bukan seorang psikolog, tentu saja saya tidak akan bisa menjawabnya secara ilmiah tentang pose tersebut dan kaitannya dengan rasa percaya diri.

Beberapa hari yang lalu, saya bersama keluarga besar membuka-buka kembali foto album jadul. Kami semua tertawa-tawa bahkan sesekali saling meledek pose-pose kami pada zaman dulu. Yang paling sering kena ledekan tentu saja om dan tante kami, dan juga saya sebagai keponakan.

Kebetulan sepupu-sepupu yang seusia saya setelah menikah sudah pada mencar-mencar, tinggal saya yang masih sering berkumpul. Sementara banyak sepupu saya yang masih sering berkumpul usianya termasuk generasi zaman sekarang. Makanya saya pun termasuk yang kena diledekin sama sepupu saya lainnya.

Buat generasi sekarang pose kami zaman dulu kaku-kaku malah sering gak senyum. Pose difoto zaman dulu emang umumnya cuma berdiri atau duduk dengan tegak dan minim senyum wkwkwk. Kalopun mau sedikit lebih bergaya hanya sedikit miring ke kiri atau kanan :D

Saya dan tante pun bilang kalo dulu pose kayak gitu udah yang paling keren termasuk di studio foto sekalipun. Sepupu-sepupu saya pun makin ngakak mendengarnya.

"Iya sekarang pada puas, ya, ngetawain. Tunggu aja 20 tahunan lagi trus udah pada punya anak, nanti giliran anak-anak kalian yang bakal ngetawain emak-bapaknya kenapa gaya fotoya kok pada ajaib-ajaib hehehe," kata saya sambil menirukan gaya berfoto anak-anak sekarang yang dimanyun-manyunkan dan gaya lainnya. Kami pun ketawa lagi.

Ya, mungkin aneka pose dalam berfoto itu tidak selalu berhubungan dengan psikologis tapi sekedar trend saja. Setiap zaman ada gayanya masing-masing. Kalau zaman saya kecil dulu gayanya kaku, sekarang lebih bebas, mungkin 20 tahun yang akan datang trend berposenya akan kembali seperti zaman saya dulu. Siapa tau kan? :)

Kalau foto-foto ini gaya apa namanya, ya? :D

11 comments:

  1. poto 4L4Y :p

    heii Mak Chii
    Maap lahir batin yaa
    Maap kalo salah2 komen :D

    ReplyDelete
  2. wkwkwk..kalau itu foto mak Chi waktu muda yah.. Keren mak Chi dengan gayanya :)

    ReplyDelete
  3. jaman dulu dah ada alay kan, kan...
    :)

    ReplyDelete
  4. Jadi pingin buka2 album jadul juga nih mbak chi, tapi gaya dulu memang kaku banget ya...sekarang terlalu alay :D ada juga sih yg jaim.

    Selamat Idul Fitri mbak, maaf lahir batin ya

    ReplyDelete
  5. kyknya dulu sy termasuk yg suka pose memanyunkan bibir deh, Mak. Maksutnya sih biar kliatan tirus pipinya...wkwkwk...

    ReplyDelete
  6. duh,aku bangettttttttttttt..suka narsis sama temen2 mak ckckkckckck......
    unyu2 tuh.... :D

    ReplyDelete
  7. duh,aku bangettttttttttttt..suka narsis sama temen2 mak ckckkckckck......
    unyu2 tuh.... :D

    ReplyDelete
  8. wikikikik... gaya model innocent narsis :)

    ReplyDelete
  9. Waahhh...aku doyan foto2 sejak dulu..gayanya macam2 bahkan foto jadulku juga macam2 gayanya. Sayangnya belon pake jilbab jadi harus disimpan rapat2... xixixi..malu

    ReplyDelete
  10. gaya bibir monyong itu gaya alay2 jaman sekarang..xixixi..

    maaf lahir batin mba ;)

    ReplyDelete
  11. Aku enggak pernah berfoto ala duck face hihi. Risi, Mak. Btw, jadi ingat zaman Okky Asokawati dulu. Kalau difoto, kan, mulut doi selalu nganga, gitu. Sempat jadi tren. Terus, selanjutnya, tren berubah lagi. Sekarang tren duck face ya. :)

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...