Friday, June 21, 2013

Review Blog Haya Aliya Zaki

Haya Aliya Zaki, nama lengkap pemilik blog www.hayaaliyazaki.com Seorang trainer, blogger, penulis, dan editor lepas. Saya biasa memanggilnya Mak Haya atau Mak mentor. Ya, karena Mak Haya adalah mentor saya ketika mengikuti kelas editing yang diadakan oleh KEB.

Kali ini, saya ingin mereview blog Mak Haya. Semoga berkenan, ya, Mak. :)

Tampilan blog yang gak bikin mata saya lelah

Tampilan
  1. Secara umum, saya suka tampilan blog Mak Haya. Latar belakang pink muda, juga latar belakang tulisan berwarna abu-abu muda (nyaris ke putih) polos dengan tulisan berwarna abu-abu tua. Buat saya ini penting, karena saya tidak terlalu nyaman dengan latar belakang yang berwarna gelap (misalnya hitam), sedangkan tulisannya terang (misalnya putih). Tampilan seperti itu bikin mata saya lelah. Nah, kalo blog Mak Haya gak bikin mata saya lelah, jadi bisa betah berlama-lama bacanya.
  2. Dalam satu halaman beranda, terdiri dari 6 postingan sekaligus. Ini juga bagus karena kita sebagai visitor bisa tahu paling tidak 6 postingan terbaru di blog tersebut. Dan kalau mau baca tinggal klik judulnya.

Widget - Tidak ada widget yang gak perlu di blog Mak Haya, apalagi musik. Bagus itu. Buat saya sebaiknya gak perlu ada musik di blog, karena pernah saya kaget waktu buka salah satu blog dan musiknya langsung menghentak. Dan pernah juga buka banyak blog sekaligus, dan beberapa diantaranya pasang musik. Jadi kebayang, kan, ramenya laptop saya saat itu hehe. Biasanya kalau gitu saya memilih mematikan suara di laptop.

Hanya ada 1 banner lomba yang dipasang. DL udah lewat beberapa hari lalu, tapi sepertinya masih dalam masa penjurian. Jadi memang tetap harus dipasang

Banner - Ada 3 hal tentang banner di blog Mak Haya, yaitu :
  1. Banner lomba- Blog Mak Haya bersih dari banner lomba yang udah 'basi'. Maksudnya banner yang lombanya sudah lewat memang sebaiknya dihapus.
  2. Banner buku - Setahu saya Mak Haya sudah banyak menerbitkan buku, baik itu solo atau antologi, dan juga buku asil editan Mak Haya. Tapi di sisi kanan cuma ditampilkan 2 buku, yang termasuk buku baru dari Mak Haya. Saya gak tahu apakah itu memang disengaja hanya menampilkan buku baru saja dengan tujuan promosi tentunya. Kalau memang seperti itu, berarti harus rajin diganti kalau ada buku baru lagi yang terbit. Sisanya bisa disimpan di page atau di label seperti yang sudah Mak Haya lakukan.
  3. Banner komunitas - ada 1 banner komunitas, yaitu training penulisan kelas ajaib, setelah saya klik ternyata isi webnya sudah berubah. Saran saya, mungkin banner tersebut bisa tetap terpasang tapi gak usah dikasih link atau diganti dengan link baru kalau memang ada
Page di sisi kiri ada yang gak bisa dibuka atau malah pindah ke web lain

Page - Di sisi sebelah kiri ada page. Ada beberapa masukan tentang page ini, yaitu :
  1. Tentang Saya - setelah saya klik, tidak mengarah kemanapun, tetap di beranda. Walopun dari header tertulis dengan jelas Haya Aliya Zaki - Trainer, Blogger, Penulis, dan Editor Lepas. Bisa sedikit menjelaskan siapakah sosok Mak Haya, tapi saya tadinya pikir ketika klik 'tentang saya', akan mendapatkan info yang lebih.
  2. Pekerjaan Saya - Ketika saya hanya mengklik page 'pekerjaan saya' yang terjadi adalah pindah ke web lain yang berisi tentang segala macam pilihan theme blog. Saya harus memilih diantara 3 pilihan yang ada di page 'pekerjaan saya' dulu, yaitu Buku-Buku, Buku-Buku Editan, atau Tulisan-Tulisan di Media Cetak.
  3. Kontak - sama persis seperti page tentang saya. Ternyata setelah diklik tidak mengarah kemanapun. Mungkin bisa dipasang widget contact form. Jadi kalau ada yang ingin mengubungi Mak Haya bisa melalui contact form itu.
Itu aja review dari saya. Kesimpulannya tidak ada hal yang menggangu kenyamanan visitor ketika berkunjung ke blog Mak Haya. Blog dengan PR 2 ini juga cepat loadingnya. Hanya ada sedikit kekurangan kecil seperti yang saya tulis di atas, yang mungkin kalau diperbaiki bisa semakin menambah kenyamanan pengunjung blog


Saya pribadi SANGAT merekomendasikan blog ini untuk dibaca. Terutama bagi kita yang ingin belajar menulis. Seperti yang tertulis di side bar sebelah kanan, bahwa blog yang ber-tag line "Write Your Diary" adalah training penulisan ala Cicken Soup for The Soul (kisah-kisah nyata yang berhikmah, lucu, menghibur, dan insiratif). Dengan trainernya, ya, Mak Haya sendiri sang pemilik blog.

Walopun di sana juga tertulis bahwa training tersebut terutama ditujukan bagi perempuan remaja dan dewasa yang ingin berbagi pengalaman hidup melalui tulisan, tapi saya rasa laki-laki pun bisa mendapat manfaat kalau membaca blog Mak Haya.

Saya sendiri walaupun gak selalu meninggalkan jejak di setiap postingan tapi termasuk yang rajin mengunjungi *sesekali jadi silent reader, Mak hehehe. Selain membaca, saya juga memperhatikan cara penulisan Mak Haya. Karena seperti yang saya tulis di awal, kalau Mak Haya adalah mentor editing saya di KEB. Walaupun kelas editing online sudah selesai, tapi saya merasa masih harus banyak belajar lagi tentang cara menulis yang baik dan benar. Salah satu caranya adalah, dengan mempelajari setiap tulisan dari mentor editing, dong :)

Selama ini kan kita umumnya merasa sebuah tulisan dengan menggunakan EYD itu terkesan berat dan kaku. Nah, coba berkunjung ke blog Mak Haya, deh. Saya jamin gak akan terlihat gaya tulisan yang kaku dan berat untuk dibaca tapi justru terasa 'crunchy'.

Pokoknya blognya itu sangat informatif dan memberi inspirasi. Gak heran, ya, kalo Mak Haya terpilih jadi Acer Srikandi Blogger Inspiratif 2013. Terus menginspirasi, ya, Mak :)



18 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Huaaa makasih sudah mereviu blogku, Mak! *kecuuuup lama* Makasih juga masukannya. Akan aku perhatikan. *siap-siap perbaiki* :)

    ReplyDelete
  3. Cantik sekali reviewnya. Kayak yang mereview dan yang direview.

    Semoga sukses dengan kontesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengsan seketika. Makasih, Mak xixixi. Yang keren yang punya blog ini. :D

      Delete
  4. Keren reviewnya. Gmn cara menampilkan template dalam ulasan seperti diatas itu ya? Mau klak-klik ah, biar bisa. Yang nge-review emang udah jago nge-blog dengan segala pernak-perniknya, jadi okpu nih reviewnya.

    ReplyDelete
  5. Keren nih reviewnya... gudlak ya utk kontesnya :)

    ReplyDelete
  6. Suka reviewnya, blo mak hay memang keren, informatif...sakses maak!

    ReplyDelete
  7. straight to the point ripiunya, bsa neh di contek, hehehhee

    #sukses mbak utk kontesnya

    ReplyDelete
  8. Review-nya keren. Pemilik blog-nya jg keren.
    Semoga sukses untuk kontesnya, Mak :)

    ReplyDelete
  9. keren banget yaa bagus repiuw emak haya :D

    ReplyDelete
  10. Lebih pas lagi, abu dan ungu soft untuk template nya. *halah, sok tau arna aja nih eke ,hihih. Review yang ciamik, mak

    ReplyDelete
  11. Mungkin halamannya belum diisi kali ya, Teh, :)
    Saya jarang bewe ke mba laiya. :)

    Sukses ngontesnya, ya. :)

    ReplyDelete
  12. Sip banget nih reviewnya, saya beberapa kali ke blog Mak Haya, memang tidak ada halaman yg menceritakan ttg Mak Haya itu siapa, padahal narsis di blog sendiri kan gak masalah hehe

    ReplyDelete
  13. Semua masukan dicataaaat! Bongkoooos! ^__^

    ReplyDelete
  14. Kalo yang ngereview adalah Mak Myra, ga heran deh jika hasilnya ciamik begini. :)
    Keren deh tinjauannya, Mak. Sukses untuk ngontesnya yaaa. :)

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...