Monday, May 6, 2013

Srikandi Blogger Aktualisasi Seorang Emak Blogger

Sebetulnya sudah cukup sering saya ceritakan alasan saya untuk ngeblog, tapi baiklah saya akan kembali bercerita sedikit tentang alsan saya ngeblog. Semoga teman-teman belum pada bosan bacanya :)

Awalnya saya ingin mempunyai banyak kenangan yang bisa saya ceritakan untuk anak-anak saya. Kenangan yang tidak mungkin disimpan seluruhnya di dalam otak saya yang mudah pelupa ini.Untung saja saya bertemu media yang bernama blog. Saya langsung merasa menemukan tempat yang 'klik' untuk menyimpan sebagian besar memori saya, termasuk juga menjadi mesin waktu ketika saya ingin mengenang cerita-cerita indah yang tertulis di dalam blog.

Dalam perjalanannya tanpa pernah diduga ternyata saya mempunyai banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan, yaitu materi, ilmu, dan bahkan persahabatan. Semakin bikin saya tambah betah ngeblog. Apalagi kemudian saya masuk ke dalam sebuah komunitas bernama Kumpulan Emak Blogger (KEB). Sebuah komunitas yang membuat saya nyaman berada di dalamnya, seperti rumah kedua saya :)

Srikandi Blogger 2013

Tahun ini, tepatnya tanggal 18 Januari 2013, KEB merayakan ulang tahun yang pertama. Ketika bertemu dengan Makpon (Mak Founder) Mira Sahid di Pinisi, dia mengajak saya untuk ikut merayakan syukuran ulang tahun KEB. Sayang pas hari H saya harus mengantar anak saya ke dokter gigi. Tapi waktu di Pinisi, Makpon sempet bilang kalo syukuran itu hanyalah start awal karena akan ada acara yang lebih heboh untuk merayakan hari ulang tahun KEB. Hanya saja saat itu Makpon masih berahasia tentang acara besar KEB.

Kemudian setelah hari ulang tahun lewat, makmins (Mak Admin) memberitahukan tentang acara pemilihan Srikandi Blogger 2013 di group FB KEB. Sikap saya seperti banyak emak KEB lainnya, gak percaya diri. Ikut ... gak ... ikut ... gak .... Pengen tapi gak pede. Cuma untuk bilang gak pede, hati kecil saya melarang. Akhirnya saya cuma diem aja, ketika makmins memberi pengumuman tentang ajang itu. Paling cuma kasih jempol tanpa memberi kata-kata. :)

Tema pemilihan Srikandi Blogger 2013, yaitu Aktualisasi Perempuan di Era Digital, terus saya baca berulang-ulang. Bagi saya aktualisasi (diri) adalah kebutuhan naluriah seorang manusia untuk melakukan hal terbaik yang dia mampu. Sebagai seorang blogger, aktualisasi yang saya lakukan adalah selalu menjadi diri sendiri dalam semua tulisan yang saya buat. Dan berusaha untuk memberikan content positif di semua tulisan saya. Seperti tagline KEB "Kami ada untuk berbagi", maka saya berusaha untuk selalu berbagi sekecil apapun itu dengan tulisan saya.

50 Besar Srikandi Blogger 2013

Dengan membaca basmallah, saya pun "nekat" mendaftar. Dari 150 pendaftar, tersaringlah 50 emak blogger. Alhamdulillah saya salah satunya. Bahagia? Tentunya. Ciut? Itu juga. :D Melihat profil 49 peserta lainnya, yang umumnya sudah saya kenal, membuat saya ciut juga. Mereka hebat di bidang masing-masing. Ada yang sudah mengarang banyak buku, menterjemahkan buku, memenangkan banyak lomba menulis, jago web design, dan segudang prestasi lainnya. Sementara saya? Hanya seorang emak blogger yang rajin menulis dan berbagi tulisan melalui blog pribadi :)

Walopun begitu pantang bagi saya untuk menyerah begitu saja. Meski hati sedikit ciut, saya berusaha memberikan yang terbaik tugas-tugas yang diberikan oleh Makpan KEB. Srikandi di Era Netizen adalah tulisan terbaik yang bisa saya berikan sebagai salah satu syarat tugas untuk para 50 besar Srikandi Blogger 2013. Apapun hasilnya nanti, saya pasrah saja. Paling tidak berada di tahap 50 besar saja adalah sebuah prestasi. :)

Finalis Srikandi Blogger 2013 (10 Besar)

Tepat di hari Kartini, 2 orang sahabat blogger, yaitu Lidya Fitrian dan Mbak Dey whatsapp ke saya. Memberi ucapan selamat karena menjadi finalis. Saya yang waktu itu baru saja bangun, sempet merasa bingung. Finalis apaan? *Maklum baru bangun, gak langsung 'on' pikirannya :p

Setelah tersadar, saya pun membuka FB, dan hari itu saya banyak sekali mendapatkan notif ucapan selamat dari banyak sahabat. Alhamdulillah bersyukur dan senang rasanya, tapi rupanya para makpan (Mak Panitia) tidak ingin para finalis bereuforia terlalu lama karena kemudian memberikan tugas-tugas yang bikin deg-degan hahahaha *pissss, Maks! :p

Para finalis diminta membuat 10 tweet tentang diri masing-masing, dengan jadwal yang sudah ditentukan bersama. Saya mendapat kesempatan pada tanggal 23 April 2013 pukul 09.00 pagi. Cukup bikin keringat dingin, karena saya jarang ngetweet dengan rencana, apalagi di saat yang bersamaan internet kurang bisa diajak kerja sama. Putus nyambung terus koneksinya. Hufff! Untuk rangkuman 10 tweet saya bisa dilihat di web KEB.

Vote pun mulai diadakan di group FB KEB. Bener-bener pasrah dengan hasilnya :) Tugas berikutnya adalah wawancara tertulis melalui email, yang kemudian jawaban wawancara tersebut harus dirangkai menjadi sebuah postingan dan di publish serentak pada hari Jum'at, 26 April, pukul 15.00. Postingan yang berjudul Saya, KEB, dan Srikandi Blogger 2013 adalah karya saya merangkai wawancara online tersebut.

Kemeriahan Penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013

Pas hari-H, saya berangkat pagi-pagi dari rumah, sekitar pukul 06.30 pagi karena harus di dandani oleh tim Wardah cosmetic di tempat acara (gedung F, Kemendiknas). Naik taxi dengan supir yang tidak hapal jalan bener-bener 'sesuatu', deh. Untung aja gak terjebak car free day dan tidak harus berjalan jauh :D

Ketika sampai di tempat, ternyata sudah banyak yang datang *pada datang pukul berapa, semua emak ini? :D Ngobrol sejenak dengan Mak Della, Mak Yeye, Mak Meti, dan emak-emak lainnya. Seneng banget saya bisa kopdar sama semua emak KEB. Karena sebetulnya yang paling saya tunggu dari ajang Acer Srikandi Blogger 2013 adalah kopdar akbar dengan banyak emak KEB! Dan tau sendiri dong gimana kalo emak-emak udah pada ngumpul? Meriah! :D

Muka bangun tidur semua, nunggu dieksekusi dipercantik sama tim Wardah

Peragawati cantik Emak KEB setelah didandani oleh Wardah. Foto milik Mak De'

Foto di atas, tim Wardah lagi ngedandanin. Kalo yang di bawah adalah Mbak Wardah KW alias Mak De' hehe. Tapi hasil kreasi hijabnya keren abiiisss. Thx, Mak! Foto milik Mak De'

Acara pun dimulai. Di awali dengan tarian daerah dari para penari cilik. Kemudian dilanjut monolog yang mengharu biru, dibawakan oleh Mak Wylvera. Sambutan dari Makpon Mira Sahid yang kemudian dilanjut dengan pemukulan gong sebanyak 3x sebagai tanda dibukanya acara penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013. Pemotongan tumpeng sekaligus pengenalan jajaran makmin KEB dan juga para makpan yang sudah bekerja keras untuk suksesnya acara ini. Gak lupa juga do'a yang dibawakan oleh Mak Tri Sapta M. 

Lalu ada juga drama "Cerita di Balik Noda" Rinso yang dibawakan dengan apik oleh Mak Ani Berta, Mak Sammy, dan putri Mak Indah Julianti. Setelah itu acara sempat berhenti beberapa saat untuk ishoma. 

Selesai ishoma acara dilanjutkan kembali dengan sambutan dari ibu Astrid Warsito, perwakilan dari Acer Indonesia yang menjadi sponsor utama penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013. Kemudian nyanyian dari Yasmin, putri Mak Wylvera, mempersembahkan 2 lagu. Suaranya merdu, lho. Dan selesai bernyanyi ada sedikit curcol nih kayaknya dari Yasmin di panggung hahaha. Itu memang tidak terlepas dari peran 2 MC, Mas Ari dan Mak Aulia, yang pintar menghidupkan acara sehingga menjadi semakin meriah :)

Fashion show dari KEB junior (putri dan putra para Emak KEB) dengan pakaian by Mak Waya Komala, terlihat menggemaskan. Apalagi ada yang nangis dan kemudian emaknya ikut mengiringi. Hmmm ... putri siapa itu, ya? Hihihi ... tapi ya namanya juga anak-anak. Justru itu salah satu tingkah anak-anak yang menggemaskan :)

Menggemaskan hihihi

Setelah itu dilanjut fashion show 20 orang emak KEB, memakai pakaian dari Azza Hijab Store. Semuanya cantik-cantik! Pangling-pangling lihatnya. Dan gak kelihatan grogi, ternyata emak-emak pintar juga, ya, berlenggak-lenggok seperti peragawati :)

Puncak acara pun tiba, kami para finalis diminta naik ke atas panggung, diiringi lagu Bunda yang dinyanyikan oleh Mak Fiki dan Mak Echa. Senyum tebar pesona seperti disebarkan oleh ke-10 finalis, termasuk saya. Padahal sebetulnya hati deg-degan abis, dan kaki rasanya tidak menapak ke panggung! Pikiran saya terus bertanya-tanya apakah di panggung para finalis akan diberi pertanyaan-pertanyaan seperti ajang pemilihan putri-putri. Oh, saya benar-benar gak berharap itu terjadi! Saya bukan orang yang bisa bicara di depan banyak orang, lebih baik jari-jari saya saja yang "berbicara". Semoga aja senyum saya saat itu bisa menutupi pikiran saya yang penuh kekhawatiran, ya :D

Lega rasanya ketika ternyata tidak ada pertanyaan-pertanyaan. Walopun kembali deg-degan ketika satu per satu finalis bergantian maju untuk diperkenalkan. Saya tidak grogi dengan profil yang dibacakan oleh MC, tapi deg-degan apakah video testimoni kami akan ditayangkan? Untungnya tidak :D

Jadi ceritanya, sebelum hari H para finalis diminta bikin video testimoni. Yah, lagi-lagi demam panggung melanda saya. Gak pernah saya bicara di depan kamera. Ditambah lagi kameramennya adalah anak berumur 6 tahun, yaitu putri saya sendiri. Bisa dibayangkan entah berapa belas kali kami take untuk merekam video testimoni. Bikinnya pun penuh tawa. :D

Untuk susunan pemenang adalah sebagai berikut :
  1. Mak Alaika Abdullah - Acer Srikandi Blogger 2013 (mendapat 1 unit Acer Aspire V5-471PG, 2 dus Rinso, 1 paket kosmetik Wardah, serta mewakili KEB ke ajang ASEAN Blogger di Solo)
  2. Mak Anazkia - Acer Srikandi Favorit 2013 (mendapat 1 unit Acer Aspire E1-471, 2 dus Rinso, dan 1 paket kosmetik Wardah)
  3. Myra Anastasia - Acer Srikandi Persahabatan 2013 (mendapat 1 unit Acer Aspire E1-471, 2 dus Rinso, dan 1 paket kosmetik Wardah)
  4. Mak Yati Rachmat - penghargaan Life Time Achievement (mendapat tv samsung 21 inch, 2 dus Rinso, dan 1 paket kosmetik Wardah)
  5. Mak Haya Aliya Zaki - Acer Srikandi Blogger Inspiratif 2013 (mendapat tv samsung 21 inch, 2 dus Rinso, dan 1 paket kosmetik Wardah)
7 finalis lainnya, yaitu Mak Dina Begum, Teh Nchie Hanie, Mak Diadjeng Laraswati, Mak Eka Mayya, Mak Octaviani Nurhassanah, Mak Shinta Ries, dan Mak Winda Krisnadefa - mendapat tv samsung 21 inch, 2 dus Rinso, dan 1 paket kosmetik Wardah.

Ya, pada akhirnya di setiap ajang pemilihan harus ada pemenang utama, tapi sebetulnya kami semua menang. Saya pribadi merasa bahagia terpilih sebagai Acer Srikandi Persahabatan 2013, karena itu artinya saya memiliki banyak sahabat :)


KEB Benar-Benar Berbagi!

Acara penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013 benar-benar wujud nyata dari tag line KEB "Kami ada untuk berbagi". Benar-benar bertabur hadiah! Gak hanya untuk finalis, gak cuma untuk blogger perempuan, tapi pria pun bisa dapat hadiah. Banyak voucher belanja, paket kosmetik, bahkan kulkas diberikan kepada tamu yang hadir melalui game-game seru, busana terbaik, door prize, bahkan lomba blog tentang ajang Srikandi Blogger 2013 yang sedang diadakan oleh KEB.

Kita semua, termasuk saya, bisa saja mengatakan kalau ngeblog itu tulus. Tanpa ada iming-iming hadiah atau penghargaan ini-itu pun blogger sejati akan tetap ngeblog. Tapi terkadang sebagai manusia juga ada rasa ingin dihargai. 

Ajang Srikandi Blogger ini sebagai salah satu bentuk penghargaan terbaik untuk para blogger perempuan. Dengan adanya ajang ini bisa menjadi motivasi bagi blogger perempuan untuk berkarya lebih baik lagi. Sekaligus menunjukkan bahwa blogger perempuan pun bisa berprestasi. 

Saya yang selama ini merasa sebagai blogger biasa, dengan adanya ajang ini dan terpilih sebagai finalis membuat saya merasa bahwa apa yang saya tulis itu ternyata dihargai. Dan itu penghargaan terbesar bagi diri saya serta menambah rasa percaya diri saya.

Ajang Srikandi Blogger 2013 memang acara perdana, tapi melihat kesuksesan acara kemarin, saya optimis acara ini akan berlanjut setiap tahunnya. Yang membanggakan dari mulai gagasan hingga akhir acara hampir semuanya dikerjakan oleh perempuan. Hebat, ya! Insya Allah saya akan terus mendukung keberlangsungan acara Srikandi Blogger KEB :)

Ayo untuk semua blogger perempuan, mulai berkarya lebih baik dari sekarang. Jangan ditunda-tunda, karena menulis itu seperti pisau, semakin diasah akan semakin tajam. 

Dan karena acaranya udah selesai, saya tampilin, deh, di sini video testimoni saya. Di panggung memang boleh jadi saya gak pede kalo ditampilin, tapi kalo di 'rumah' sendiri berani deh

Harap maklum dengan kualitas videonya. Yang direkam sama yang merekam, amatiran semua :D

O'ya setelah acara selesai, saya sempat diwawancarai oleh reporter KoplakYoBand. Salah satu pertanyaan adalah kenapa saya bisa terpilih jadi Acer Srikandi Persahabatan. Saya jawab kuncinya adalah blogwalking. 

Blogwalking membuat blog kita dikenal dan umumnya blogger senang bila blognya dikunjungi. Di situlah terjadi persahabatan. Ada yang mau bersahabat dengan saya? :)

Saya suka sekali dengan foto ini. Tetap meriah dan terasa akrab hingga acara usai. Sayang saya udah keburu pulang. Semoga tahun depan ada lagi, ya. Maju terus KEB! Foto milik Teh Nchie Hanie 

Suksesnya acara ini juga tidak lepas dari peran para sponsor. Sebagai sponsor utama adalah Acer. Sponsor lainnya adalah Rinso, Wardah, Azza Hijab Store, Idblognetwork, Sari Husada, dan Sami Kuring. Media partner adalah Blogger Reporter dan Komunitas KoplakYoBand (live streaming).

10 comments:

  1. huwahh...muka bantalku ada disini hihihihi.
    pgn liat videonya mba Chiiii, tapi ga mgkn dibuka nih kalo di kantor *ups* hihihihi

    ReplyDelete
  2. banyak sahabat banyak saudara
    Salam Sillaturakhim ^_^
    boleh nanya nggak? KEB bisa untuk wannabe Emak nggk? saya wannabe juga @_@

    ReplyDelete
  3. emak2 hebat semuanya bangga menjadi bagian dari KEB

    ReplyDelete
  4. Woww... seru banget ya... mudah2an tahun depan saya bisa ikutan :)

    ReplyDelete
  5. cantik-cantik nih, sayang q gak ikut, kapan nih ada lagi?

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...