Monday, May 27, 2013

Fotocopy KTP

Dapet 2 dus. 1 dus udah saya kasih ke Mamah. 1 dus lagi, saya udah janji mau saya kasih ke mertua. :D

Beberapa waktu lalu, sekitar pertengahan Mei, ada yang mengantar paket ke rumah saya. Paket itu adalah 2 dus Rinso cair (@ 12 botol) sebagai hadiah terpilih menjadi Srikandi Blogger Persahabatan 2013. Tentu aja saya seneng banget, karena ini salah satu hadiah yang saya tunggu-tunggu.

Mas kurir minta fotocopy KTP, baru saya bisa menerima hadiahnya. Alhamdulillah, untung saja saya selalu menyimpan fotocopy KTP dalam jumlah yang cukup banyak di rumah.

Ngomong-ngomong tentang fotocopy KTP, saya jadi inget beberapa waktu lalu sempet heboh pemberitaan tentang gak bolehnya e-ktp di fotopy berkali-kali karena bakal bikin chip-nya jadi rusak. Saya gak termasuk yang heboh, lho, hehe.

Ya, dari dulu saya memang selalu punya banyak fotocopy KTP di rumah tapi tidak dengan cara di fotocopy. Ada 2 cara yang saya lalukan, yaitu :
  1. Di foto - Susah-susah gampang sebetulnya memotret KTP biar dapet yang pas. Hasilnya sering kali terlalu terang, buram, bentuknya gak pas, dan lainnya. Maklum, deh, yang motret bisanya cuma jepret aja. Gak ngerti teknik fotografi hehe.Setelah beberapa kali coba akhirnya dapet juga hasi yang pas.
  2. Di scan - Ini cara yang paling mudah yang saya lakukan.
Kalau udah di foto atau scan tinggal di taro aja di komputer filenya. Print beberapa lembar, siapa tau mendadak butuh. Kalopun gak punya hasil cetak, tapi karena file udah ada di komputer kan tinggal print.Tapi amannya simpen juga di dompet 1-2 lembar.

Ada 1 alasan utama kenapa saya lebih memilih foto atau scan, yaitu malas bolak-balik ke tukang fotocopy :D

7 comments:

  1. sekali fotokopi selembar yang langsung isi 10, jangan dipotong biar ga ilang. *mantan tukang fotokopi*

    ReplyDelete
  2. ahah, dame juga selalu nyimpen. terutama foto ukuran 2x3 buat berkas2. hihih
    tips yang patut dicoba, ^_^

    ReplyDelete
  3. gak cuma KTP, semua dokumen penting aku selalu sedia copy-nya dan discan. copy ktp jg selalu ada di dompet 1/2 lembar plus copy ktp suami.

    btw, itu mama dan mama mertua pasti seneng banget kl gak cuma dikasih rinso, tp anak dan menantunya jg bantuin nyuci :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl di Mamah udah ada Mbak buat nyuci. Kalo di mertua, biarkan mesin yang bekerja hihihi

      Delete
  4. kalau saya suka scan juga mak myra hehe..wah kiriman rinso saya kapan nyampenya yah hehe menungu juga :)

    ReplyDelete
  5. Aha, di scan ya Mak. Boleh juga idenya :)

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...