Monday, March 16, 2015

Baygon Liquid Elektrik, Salah Satu Tip Agar Anak Tidur Nyenyak

Wali kelas: "Bunda, sepertinya, akhir-akhir ini nilai akademis Keke menurun. Perilakunya juga agak berubah. Menjadi lebih pendiam."

Begitulah, isi watsapp wali kelas Keke. Saya menjawab kalau kemungkinan Keke sedang kelelahan karena akhir-akhir ini dia terkena batuk dan pilek yang lumayan lama. Tidur malamnya pun menjadi kurang nyenyak.

Kurang tidur -> Susah bangun pagi -> Badan menjadi lemas -> Malas beraktivitas -> Sulit berpikir -> Stress meningkat -> Mudah emosi

Kualitas tidur memang bisa mempengaruhi mood dan juga berpikir. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun ketika kurang tidur akan merasa tidak semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Berpikir pun jadi malas.

Kalau penyebabnya karena sakit, seperti yang dialami Keke, yang saya lakukan adalah menyembuhkan penyakitnya. Tapi, bagaimana kalau penyebabnya karena kebiasaann? Anak susah diajak tidur. Padahal, saya meyakini kalau tidur cukup itu berkaitan erat dengan kecerdasan anak.

Bagaimana anak bisa semangat beraktivitas, kalau untuk bangun pagi saja sudah sulit karena masih mengantuk? Bagaimana anak bisa berpikir kalau terus-terusan merasa ngantuk? Seperti cerita di awal paragraf, baru kena batuk pilek saja, Keke sudah menurun nilainya. Perilakunya juga berubah. Urusan tidur memang gak bisa dianggap sepele, nih.


Beberapa tip yang bisa membantu anak saya supaya tidur nyenyak di malam hari

 Ilustrasi teddy bear kesayangan Nai, adik Keke

Apabila anak masih ingin beraktivitas, ajaklah beraktivitas yang ringan. 
Kalau malam hari, biasanya saya mengisi dengan kegiatan bersama anak-anak yang tidak menguras tenaga, misalnya membaca buku bersama, mendongeng, bernyanyi (tapi jangan lakukan sambil loncat-loncat), atau menggambar. Anak yang fisiknya terlalu cape sebelum tidur, akan membuat tidurnya kurang nyenyak.

Batasi gadget dan tv
Bermain gadget dan menonton tv memang tidak menguras tenaga, tapi juga membuat anak sulit tidur karena keasyikan nonton tv atau bermain gadget. Pukul 8, sudah tidak boleh menonton tv. Gadget bahkan sudah harus berhenti sebelum maghrib. Kalau dulu, masih harus diingatkan, sekarang mereka sudah mulai disiplin.

Bereskan semua mainan di kamar
Beraktivitas yang ringan bukan berarti kamar gak akan berantakan. Bisa saja krayon atau buku bertebaran di mana-mana. Ajak anak-anak untuk membereskan mainannya. Membereskan mainan tidak membutuhkan tenang yang besar. Selain itu juga mengajarkan anak untuk disiplin.

Cuci kaki, cuci tangan, dan buang air kecil sebelum tidur
Supaya kaki dan tangan mereka tetap bersih. Buang air kecil juga supaya mereka gak gelisah saat tidur. Kalau udah terbangun di malam hari karena ingin pipis, biasanya perlu waktu lagi untuk bisa tidur kembali. Jadi, saya membiasakan mereka untuk buang air kecil dahulu sebelum tidur.

Penerangan yang redup
Ketika proses tidur dimulai, lampu kamar pun mulai dimatikan. Diganti dengan lampu yang nyalanya lebih redup. Tidur memang sebaiknya tidak menggunakan lampu yang terang benderang. Lampu yang redup akan membuat kualitas tidur anak meningkat. Dengan kualitas tidur yang meningkat, daya tahan tubuh anak pun akan meningkat. Daya tahan tubuh yang meningkat akan meningkatkan kecerdasannnya

Berdo'a
Pasti, dong. Ajarkan anak berdo'a sejak dini. Termasuk, berdo'a sebelum tidur. Semoga mereka selalu dilindungi dan diberikan tidur yang nyenyak.

Gunakan obat nyamuk yang tepat
Udah pasti tidur gak bakal nyenyak kalau nyamuk udah mulai masuk. Sepanjang malam, anak-anak bisa rewel dan menggaruk badannya karena gatal. Kalau udah begini, semua jadi lelah. Saya termasuk yang sangat pemilih untuk urusan obat nyamuk. Pengennya, sih, yang aman bagi kesehatan. Apalagi untuk anak-anak. Bau obat nyamuk juga seringkali bikin saya gak tahan. Untungnya, saya udah menemukan obat nyamuk yang tepat, yaitu Baygon liquid elektrik. Saya mulai nyalakan 30 menit sebelum kami beraktivitas di kamar.

Alasan Memilih Baygon Liquid Elektrik

Sebelum memutuskan menggunakan Baygon liquid elektrik, saya pernah menggunakan obat nyamuk tipe lain. Tapi, rasanya cuma sesaat efektifnya. Salah satunya karena kebiasaan anak-anak yang suka keluar masuk kamar sebelum tidur. Jadi, walopun sudah dikasih obat nyamuk sebelumnya, tetap aja akhirnya ada nyamuk yang masuk.

Saya pun akhirnya memilih Baygon liquid elektrik yang setelah dicoba terbukti ampuh mengusir nyamuk. Alasannya:

 Baygon liquid elektrik yang kami miliki di rumah
  1. Baunya gak menyengat
  2. Bisa diatur penggunaan obat nyamuknya, apakah saat itu lagi banyak atau sedikit nyamuknya
  3. Ada lampu indikator, jadi kita bisa langsung melihat dimana Baygon liquid elektrik dinyalakan. 
  4. Irit. Pemakaian 45 hari untuk hitungan 8 jam sehari, pemakaian normal. Hari gini, siapa yang gak pengen irit?
  5. Mudah didapat refillnya
  6. Efektif mengusir nyamuk walopun anak-anak sering keluar masuk kamar sebelum tidur
Saya memang sangat khawatir dengan keberadaan nyamuk di rumah. Apalagi musim hujan begini nyamuk semakin banyak. Pengalaman pribadi yang perah dirawat karena DBD membuat saya sangat gak ingin kejadian tersebut menimpa suami dan anak-anak.

Jangan Bersahabat Dengan Nyamuk

Walopun, Baygon liquid elektrik sudah menjadi salah satu sahabat anak supaya tidur nyenyak. Sebaiknya, tetap ada langkah lain yang dilakukan, supaya keberadaan nyamuk semakin berkurang.

Buang isi penampungan air atau tutup tempat penampungannya
Nyamuk sebetulnya lebih suka udara panas daripada dingin. Tapi masalahnya, saat musim hujan, banyak genangan air. Sebaiknya, kita bersihkan genangan air di sekitar rumah. Setiap malam, buang air yang menampung di ember atau bak. Kalau tidak mau, sebaiknya ditutup. Karena genangan air bisa menjadi tempat bertelur nyamuk. Secara rutin, taburi genangan air dengan pembunuh jentik nyamuk.

Usahakan kamar selalu dalam keadaan bersih

 Rapikan buku dan alat aktivitas lainnya sebelum tidur

Nyamuk senang sama tempat yang kotor. Jangan banyak benda menumpuk di kamar. Itulah kenapa setelah anak selesai beraktivitas, sebaiknya dirapikan dulu segala peralatannya. Saya juga punya kebiasaan menggantung baju di balik pintu. Cara ini juga bisa mengundang nyamuk. Saya harus menghilangkan kebiasaan ini.


Tutup jendela dan pintu menjelang maghrib
Nyamuk biasanya mulai banyak berdatangan menjelang malam. Usahakan jendela dan pintu sudah harus ditutup sebelum maghrib untuk meminimalkan nyamuk yang masuk ke rumah

Nyalakan Baygon Liquid Elektrik setelah pintu dan jendela ditutup
Cara penggunaannya mudah banget, kok. Obat nyamuk elektrik cair ditempatkan di colokan yang searah dengan aliran udara.

Senang sekali rasanya melihat anak-anak bisa tidur nyenyak. Dan, saya paling suka melihat wajah ketika anak-anak tidur. Rasanya damai sekali wajah mereka :)

6 comments:

  1. bakalan nggak betah nih si nyamuk kalo kamar udah bersih ya mak...

    ReplyDelete
  2. Belum nyobain Baygon yang liquid, biasanya pake yg semprot

    ReplyDelete
  3. wanginya itu loo enak banget

    ReplyDelete
  4. wah iya nih... aku pake obat nyamuk bakar susah tidur -__-

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...