Tuesday, September 30, 2014

Tips Agar Tidak Diinvite Games Atau Aplikasi Apapun Di FB

Pernah baca status seperti ini?

Teman-teman, saya tidak main game apapun. Jadi, tolong jangan invite saya ke game apapun. Notif saya jadi penuh karena invite game. Terima kasih.

Atau status yang ini?

Saya udah bilang kalau saya gak main game apapun. Kalau masih juga diinvite, maka dengan terpaksa yang menginvite akan saya unfriend

Sebagai gamer, saya pun tersinggung bacanya. Hahahha, enggak ding. Saya gak tersinggung, kok. Cuma ada sedikit rasa khawatir. Khawatir secara gak sengaja udah menginvite teman-teman ke game yang sedang saya mainkan. Padahal saya merasa gak pernah melakukan itu, tapi kali aja ada masa dimana saya kurang hati-hati. Jadi, kalau sampai terjadi saya menginvite, itu karena faktor ketidaksengajaan. Maaf, ya.

Menurut saya, daripada melakukan cara ekstrim dengan unfriend pertemanan, ada cara lain yang lebih halus, kok. Kalau kita tidak dekat dengan orang tersebut sih cuek aja di unfriend, ya. Tapi, kalau dekat bisa-bisa hubungan silaturahmi terputus karena mungkin aja yang diunfriend tersinggung sementara kita juga merasa terganggu karena terus diinvite.

Berikut cara yang bisa dilakukan tanpa harus unfriend teman atau bolak-balik bikin status permohonan, karena belum tentu semua orang baca status kita juga.

Untuk gamers

Karena sekarang saya lagi seneng main game Criminal Case jadi contohnya game CC, ya. Tapi, pada dasarnya sama. Semua game yang pernah saya mainkan ada request seperti ini.


  • Kalau ada request seperti foto di atas, saya langsung klik tanda x (yang dilingkari merah) supaya tidak terkirim ke seluruh friendlist saya, mengundang mereka untuk main. Jadi, jangan klik tulisan 'Tanya Teman-Teman" (lihat yang disilang merah)
Untuk yang tidak main games

Walopun saya itu senang main game, tapi beberapa kali diinvite game untuk game yang tidak saya mainkan memang agak mengganggu. Apalagi kalau notifnya bertubi-tubi.Tentu aja, saya tidak mengunfriend teman-teman saya yang sudah menginvite itu. Bahkan menegur pun tidak. Yang saya lakukan adalah seperti langkah berikut ini:


  • Sebelah kanan atas, klik gambar seperti gembok kecil. Kemudian klik tulisan 'See More Setting'
 
  • Klik 'Blocking' (cari disebelah kiri, lihat yang saya kasih lingkaran merah). Setelah diklik, scroll ke bawah, cari tulisan 'Block Apps' (ada dideretan sebelah kanan)
 
  • Kalau sudah ketemu 'Block Apps', silakan ketik nama applikasi apapun yang ingin kita block. Gak cuma games, aplikasi lain pun kalau memang terasa mengganggu, silakan di ketik.
 
  • Selesai, deh! Saya tidak diganggu dengan aplikasi yang tidak saya inginkan. Tapi, kalau 'kangen' diganggu, tinggal klik unblock ajah hahaha.
Tapi, ada juga fesbuker yang memang gak kepengen dapet notif dari aplikasi apapun. Pokoknya pengen bener-bener bersih. Nah, ada juga cara 'sapu jagat'nya, nih.

  • Kembali kebagian setting (masih inget, kan, gambar gembok kecil di pojok kanan atas?) Trus, klik 'Apps'. Kalau sudah, disebelah kanan ada beberapa opsi. Pilih kotak 'Apps, Website, and Plugins', klik edit.
  •  Nanti bakal keluar kotak seperti gambar diatas. Klik disable platform. Selesai, deh! Gak akan dapet notif dari aplikasi apapun
Jadi, gimana? Masih memilih untuk unfriend teman? Kalau saya sih enggak. Kecuali kalau teman kita itu udah benar-benar bikin ulah yang terlalu mengganggu. Mungkin suka bikin rusuh. Ya, boleh deh diunfriend. Tapi, kalau sebatas invite games, mendingan cobain cara di atas aja :)

16 comments:

  1. Wah makasih y mak informasinya :) soalnya suka bingung juga kalo ada yg ajak main game hahhaa

    ReplyDelete
  2. Infonya sangat bermanfaat,,saya sering juga dapat notif invite game online tp gak tahu cara seperti ini...Coba di praktekkin..Trimakasih infonya mbak...

    ReplyDelete
  3. wah...seeeep,,,makasih mak,,,aku cari2 caranya dari dulu akhirnya nemu disini juga,,,

    ReplyDelete
  4. Terima kasih tipsnya
    saya juga sering diinvite main games je
    Sudah saya block
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  5. Kalo saya kebanjiran games line.... Eh ternyata temen-temennya anak saya yang minta nyawa.....

    ReplyDelete
  6. wah say sering kena inih..thanks tipsnya

    ReplyDelete
  7. sering juga dapet notif game, yah kucuekin aja sih biasanya, nggak pernah unfriend. Makasih tipsnya mak Myra :)

    ReplyDelete
  8. good tips, Mak.

    kudunya yg kemarin negur saya, baca artikel ini neh. Padahal ya di wall dia isinya juga games dari temen2nya, tapi kenapa saya yg kena tegur *lagi apes* *curcol*. tersinggung sih engga, tapi sedih aja krna saya ga pernah negur org, eh malah kena tegur :(

    ReplyDelete
  9. Kaau aku cukup pake jurus "cuekin aja " ... hehhehhee

    ReplyDelete
  10. hmmm sharing yg bermanfaat Mak Myra..klo lg bete, suka gemes aja sm yg ngundang main game melulu hihihi...so far dicuekin, tp dg mengubah settingan kita jd lebih aman yaa

    ReplyDelete
  11. Nah ini yang biasanya bikin keGRan mak haha kirain dapat pemberitauan apa gitu... eh ternyata invite.an games
    sedih gak sih xD

    ReplyDelete
  12. hahhaah sebel banget mbak tiap hari dapat pemberitahuan games dan dimaukkan ke grup.. tak coba tips keren di atas cobaaakk.. thanks mbak

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...