Friday, August 8, 2014

Ke Mall Tanpa Make-Up

Pernahkah kita ke mall tanpa make up sama sekali alias polos aja gitu? Eits, ini jelas pertanyaan untuk para perempuan, ya hehe. Saya pernah. Karena saya itu dandan gimana mood. Kalau lagi semangat dandan, bisa full make up. Kalau lagi males, bisa polos aja termasuk tanpa lipstik sekalipun. Yang penting berpakaiannya gak asal-asalan :p

Pernahkah kita mendapat perlakuan yang kurang enak hanya karena gak dandan? Saya pernah. Malah gak cuma sekali tapi 3 kali! Sebetulnya, gak tau persis, sih, karena apa penyebabnya. Tapi, karena ketiga kejadian tersebut terjadi pas saya lagi gak dandan sama sekali. Jadi, saya menghubungkannya kesana. Walopun gak berarti setiap kali saya gak dandan pasti dapet perlakuan yang gak enak.

Kejadian pertama


Kejadian pertama itu bertahun-tahun lalu, anak pertama saya masih batita. Saya ingin membeli sepatu untuk anak saya di salah satu toko anak ternama. Pengennya, sih, dapet sepatu yang sama seperti yang anak saya pake saat itu. Selain modelnya bagus, sepatunya juga nyaman banget. Saya pun tanya ke SPG dari brand sepatu tersebut, kali aja masih punya produk yang sama. Dan, jawabannya...

"Kayaknya gak ada, deh, model begini. Ibu belinya KW, ya?"

Saya langsung balik tanya, "Emang di toko ini jual barang KW, ya? Kan, saya beli sepatu ini juga di sini. Baru tau saya."

Si SPG gak ngomong apa-apa lagi. Entah malu, entah apa. Sabodo amat sama perasaannya hahaha. Yang penting, kami dapat sepatu yang diinginkan walopun bukan seperti yang kami mau semula.

Kejadian kedua

Di salah satu toko anak ternama juga. Kejadiannya juga bertahun-tahun lalu. Tapi, lupa pastinya karena apa. Pernah saya tulis di blog saya yang lain. Yang jelas bete banget sama salah seorang kasir di toko tersebut. Dan, saat itu saya juga gak lagi dandan hehe.

Kejadian ketiga

Ini, kejadian yang baru terjadi, waktu Ramadhan lalu. Suami entah heran atau gimana, beberapa kali nanya "gak beli baju buat lebaran?". Tahun ini, kami memang gak beli baju lebaran sama sekali. Lagian emang gak pernah dibiasain juga sebenernya. Kalaupun sampe tahun lalu masih rutin beli baju baru karena pertumbuhan badan anak-anak kan masih pesat. Trus, dipasin aja momen belinya sama hari raya. Biar terkesan baru bajunya hahaha. Kalau sekarang, baju kami masih banyak yang muat dan layak :)

Waktu itu kami ke mall, untuk beli tongkat jalan buat papah mertua. Sampe mall, saya tanya ke suami boleh gak beli sunglasses. Ternyata boleh. Jadi, kami pun mendatangi beberapa optik yang menjual sunglasses.

Di salah satu optik, saya tertarik dengan model salah satu kacamata. Pas mau nyobain ternyata dikunci. Saya pun meminta tolong ke mas di optik tersebut. Dan, jawabannya...

"Yang di lemari itu semuanya dikunci," katanya dengan muka jutek dan gak bergerak sama sekali.

Yaaa, saya juga tau kalau yang di lemari di kunci. Makanya, minta tolong buat dibukain. Mungkin, si mas itu khawatir kami cuma sekedar iseng pengen nyoba-nyoba kacamata branded kali, ya. Tapi, yang namanya beli kacamata memang harus dicobain, kan?

Gak pake ngomong apa-apa lagi, kami langsung ngeloyor keluar. Beberapa optik yang kami datangi lainnya, ramah-ramah semua. Mereka tetap tersenyum walopun saya berkali-kali mencoba kacamata dari lemari yang terkunci. Dan, gak berubah jadi jutek ketika gak jadi beli.

Malah di salah satu toko, gak cuma sekedar bersedia mengambilkan beberapa kacamata yang saya pilih tapi juga ikut memberikan saran yang bagus. Pokoknya dengan suka rela meladeni berbagai pertanyaan saya dan suami. Udah ketebak, deh, akhirnya kami beli di toko yang ini :D

Saya terkadang coba memaklumi, mungkin mereka yang jutek itu karena capek. Apalagi gak menutup kemungkinan ada juga orang-orang yang sekedar iseng. Tapi, jangan sampe segitunya juga, ah. Nanti malah rugi sendiri, lho.

Dulu, saya pernah baca di salah satu koran, tentang seseorang yang ingin membeli mobil. Penampilannya sengaja dibikin biasa banget. Cuma celana pendek, pakai kaos oblong, dan naik motor. Emang katanyanya, sih, sekalian mau ngetes service di showroom kendaraan yang dia kunjungi.

Terbukti, ada yang menolaknya. Tapi, ada pula yang tetap melayani dengan baik. Dan, udah ketebak juga akhirnya beli mobilnya di showroom yang mana. Kalau udah begini rezeki bisa melayang karena kita gak bisa melayani pelanggan dengan baik, kan? :)

9 comments:

  1. Toss dulu ah teh Chi. Ekke juga pernah digituin di optik. Padahal kacamata yg dipake juga dr optik yang sama sebenernya. Dan ga tau juga pernah digituin di tempat lainnya kayaknya berapa kali gitu ya lupa. Hahaha..

    Menurutku sih kalo orangnya begitu, dia pasti gitu juga sama orang lain. Jadi aku anggep aja orang bego. Abis kadang ke mal itu apalagi kl malem2 n cuma bentar suka males dandan wkwkwk... padahal kl di parkiran aku suka liat org yg dandannya sederhana tp mobilnya keren bener ya teh

    ReplyDelete
  2. aku gak pernah pakai make up mak...kalau lagi pengin dimuliakan cie...aku ganti model jilbab agak gaya dikit...eh biasanya emang dikira hijabers berduit jadi dilayani dg baik. kalau lagi males suka-suka ya tetep pakai kerudung kaos. gak peduli mau diramahain atau dijutekin. jika dijutekin pindahan toko juga heheh...btw tulisannya kereen

    ReplyDelete
  3. saya termasuk orang yg sering keluar rumah tanpa polesan :D

    kalo saya dapet pelayanan buruk gitu sih bakal saya tandain tokonya dan gamau datengin kecuali kepaksa hehehhehe. biar jadi pelajaran aja, melayani itu ga boleh setengah2. bukan karena penampilan atau alasan lain terus pelanggan dilayani seenaknya.

    ReplyDelete
  4. Maak aku pernah ada petugas toko yang under estimate. Jadi waktu itu papahku lagi bangun rumah, tapi segala sesuatunya kita anak-anaknya yang perempuan semua yang disuruh urus. Termasuk beli bahan bangunan, keramik lantai dsb. Pas tanya2 ke salah satu toko, salah seorang ada yang bisiki temannya yang lagi saya tanya "Halah paling tanya tok". Langsung ngga jadi beli, padahal aku wis siap uang berjuta-juta lo!

    ReplyDelete
  5. wiih.. sama Mak Myra, saya malah sering diseperti itukan karena memang saya selalu minim make up bahkan seringnya ga pakai make up dan penampilan saya santai banget. Biasanya sih memang SPG dari toko-toko ternama. Kalau sudah seperti itu kadang saya berfikir, ini manager tokonya apa nggak pernah memberi pelatihan bersikap ramah ke SPG2 yg kerja di toko itu? Pantes tokonya sering kosong ya.. :)

    ReplyDelete
  6. saya kalau bepergian cuma pake bedak sama lipstik aja mak, hehehe.... minal aidin walfaidin ya mak, ditunggu kunbalnya

    ReplyDelete
  7. orang2 yang aneh ya melihat seseorang dari penampilan saja, jadi kalau penipu yang datang dengan penampilan oke pasti dilayani dengan baik kayanya ya hehehe.... minal aidin walfaidin ya bu mohon maaf lahir batin,

    ReplyDelete
  8. jadi inget cerita kk saya, di dekat tempat tinggalnya ada cina yang kaya banget dan ga punya anak dan dia ga pernah dandan, pakai baju seperti orang ga punya aja kucel, kerjaan sehari2 datangin pedagang yang pinjam uang ke dia krn kebanyakan uang dan bingung mau dikemanain ya dia pinjam2kan ke pedagang, trs dia kan mau beli motor 5 buat bonus ke orang2 yg cicilan hutangnya lancar , trs ditawarin manager dealer motor yg sudah kenal sama dia dan disuruh ke dealer langsung, besoknya cina itu datang ke dealernya trs begitu mau tanya2 disana malah langsur di usir krn ngelihat si ibu yang cina itu pak pakean biasa2, parah banget kan spg nya padahal mau beli 5

    ReplyDelete
  9. ya bisa jadi mak SPG di optik itu cuma liat penampilan luar tanpa lihat isi dompetnya hahaha
    sering sih kejadian seperti itu... berasa direndahin gara2 penampilan bikin kesel haha

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...