Friday, April 25, 2014

Pesta Wirausaha 2014 Local Brand Keren

Hari Minggu, 13 April 2014, saya datang ke acara community sharing - pre event pesta wirausaha TDA yang diseleggarakan oleh TDA Bekasi. Apa, sih TDA itu? Hmmm... sebelumnya saya mau berbagi tentang apa yang saya dapat dari 2 narasumber saat itu, yaitu Mira Sahid dan Harris Maulana. Karena niat awal kedatangan saya kesana memang untuk mendengar penjelasan 2 narsum blogger kondang itu :D


Mira Sahid - How To Tap Passion Into Community

Saya dan Emak KEB, biasa memanggilnya Makpon alias Mak Ponder (Founder) karena Mira Sahid adalah Founder dari Kumpulan Emak Blogger. Makpon Mira Sahid berbicara tentang "How To Tap Passion Into Community"

Diawali dengan pertanyaan "Apa itu passion?". Ketika sudah merasa menemukan passion, kemudian kita bergabung dengan sebuah komunitas, pertanyaannya selanjutnya adalah "Mengapa bergabung di komunitas?"

Makpon Mira Sahid, menyarankan untuk tidak menjadi member yang 'silent' ketika bergabung di komunitas. Bersinergilah dengan komunitas yang kita masuki. Buat diri kita berarti untuk komunitas dan buatlah komunitas merasa berarti untuk kita.

Cara bersinergi dengan komunitas adalah:
  1. Kreatif - buat diri kita unik dan berbeda
  2. Percaya - percaya dengan komunitas yang kita ikuti akan mengalirkan energi positif
  3. Komunikasi - Bagaimana cara mengelola komunikasi yang baik di komunitas
  4. Team work
Sebagai narasumber yang katanya sih pengalaman pertama, cara penyampaian Makpon Mira Sahid cukup komunikatif dan tidak kaku. Hanya saja mengingat keterbatasan waktu dan supaya lebih mudah dicerna lagi, beberapa penyampaian harus agak diringankan bahasanya.

Saya agak merasa berat mencerna ketika makpon membahas tentang passion. Tapi, pas masuk ke bagian komunitas itu materi yang disampaikan bagus dan mudah dicerna. Untuk penampilan perdana, oke lah :)

Harris Maulana - Blogpreneur

Udah 2 kali ketemu sama Mas Harris Maulana. Pertama waktu blogger gathering Daihatsu, kedua di acara community sharing ini. Tapi, belum pernah ngobrol-ngobrol secara pribadi hihihi. Padahal menarik kalau bisa denger langsung pengalamannya menang di banyak lomba blog yang hadiahnya keren-keren banget. Untung saya udah punya bukunya "Rezeki Nomplok Dari Kontes Blog". Siapa tau, saya bisa dapet rezeki nomplok dari kontes blog juga setelah baca buku Mas Harris. Aamiin.

Mas Harris berbicara tentang "Blogpreneur". Menarik, karena awalnya saya taunya blog itu cuma menulis, menulis, dna menulis. Baru 1-2 tahun terakhir ini aja saya tau kalau blog juga bisa menghasilkan pendapatan. Itu juga saya masih harus banyak belajar. Dan, saya yakin masih banyak blogger baru yang juga belum tau kalo blog bisa menghasilkan rezeki.

Blogpreneur adalah usaha untuk mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan blog. Bisa berupa barang, jasa, konten, dan lain-lain.

Mengapa via blog?
  1. Murah - tidak perlu biaya sewa toko
  2. Hemat -  tidak perlu ada biaya transportasi apabila bekerja online
  3. Fleksible - bisa dilakukan dimana saja selama ada internet
Bagaimana cara menjadi blogpreneu?

Buat Blog
  • Domain - buatlah personal branding, bisa pakai nama sendiri atau nama unik. Gunakan (dot)com agar terlihat profesional.
  • Brand - buatlah brand atau nama yang sama di social media dengan domain yang kita miliki
  • Content - isi secara kontinyu, menarik, segar, terbaru. Gunakan teknik SEO. Buatlah blog terindex oleh google.
Promosi
  • Social media - buat jadwal tweet, buat URL atau gambar kemudian share di socmed
  • Mention - komunikatif dengan follower atau mention beberapa akun ketika berpromosi
  • Lomba blog - bikin lomba yang hadiah produk yang kita jual
Lihat Hasilnya
  • Key Performance Indicator (KPI) - bisa dengan melihat Google Analytic atau cek komunikasi di socmed
  • Omzet
  • Review - apabila belum mencapai target
Yang disampaikan oleh Mas Harris itu sederhana, tapi bisa jadi luar biasa kalau kita mau mempraktekan. Sekarang kembali ke masing-masing, mau mempraktekannya atau tidak? Hmmm, kayaknya saya ada energi semangat setelah mendengar penjelasan 2 narasumber di atas, nih :)

Pesta Wirausaha 2014 Tangan Di Atas

Saya mulai 'ketagihan' dunia internet sejak 2007 akhir. Langsung bikin blog, dan di waktu yang sama saya pun tahu tentang Tangan Di Atas (TDA). Tapi karena rasa minder saya yang kegedean, merasa belum berwirausaha walopun kepengen banget, akhirnya saya cuma jadi silent reader. Saya rajin membaca web TDA, terutama blog Pak Roni yang jadi founder TDA. Sampai akhirnya saya tidak mengikutinya lagi (masih kegedean mindernya)

Padahal TDA itu tidak hanya untuk mereka yang udah berwirausaha, tapi kita yang ingin berwirausaha pun bisa bergabung dan belajar banyak dari para enterpreneur yang udah gabung di sana. Di TDA pun ada yang namanya kelompok mentoring bisnis. Intinya, di TDA yang sudah banyak pengalaman gak pelit untuk berbagi ilmu.
TDA yaitu Tangan Di Atas diambil dari intisari ajaran agama Islam bahwa ‘tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah’ dan dicetuskan oleh sesepuh alias founding father TDA yaitu Haji Ali/Alay, pebisnis senior dari Tanah Abang. Namun demikian TDA terbuka bagi agama apapun -sumber-
Pesta Wirausaha 2014 akan digelar pada tanggal 13-15 Mei 2014. Dengan mengusung tema "Local Brand Keren!", ingin menunjukkan bahwa brand lokal pun bisa mendunia. Acara yang digelar di Gedung Sasana Kriya, TMII dengan harga tiket Rp350.000 (untuk registered member TDA) dan Rp450.000 (Non registered member TDA).

Mahal? Eits! Tunggu dulu. Yuk, kita lihat keuntungannya kalau datang ke acara tersebut:
  1. Harga tiket sudah termasuk tiket masuk TMII (tidak termasuk parkir) dan all access selama 3 hari pesta wirausaha diselenggarakan
  2. Format acara mulai dari seminar hingga networking. Siapa tau ketika datang ke sana, berkenalan dengan seseorang yang akhirnya menghasilkan perjanjian bisnis (sebaiknya bawa kartu nama). Atau kita bisa banyak belajar dan memetik ilmu dengan mendengarkan seminar dari puluhan pembicara ternama.
Ada puluhan pembicara ternama yang siap berbagi ilmunya dengan kita, lho. Sebut saja Pak Jusuf Kalla, Erick Thohir, Ridwan Kamil, Dian Pelangi, Susi Susanti, dan masih banyak lagi. Kita bisa meraih ilmu dari puluhan pengusaha berpengalaman selama 3 hari!


Jadi, gimana? Masih ragu untuk datang ke acara Pesta Wirausaha 2014? Sebaiknya jangan. Trus, dimana kita bisa membeli tiketnya? Yuk klik link ini, untuk pembelian tiketnya http://pestawirausaha.com/pesta-wirausaha-2014/

Saya jadi pengen banget dateng ke pesta wirausaha 2014, nih. Siapa tau jadi ketularan berwirausaha dan merubah hidup saya. #PWChangeMyLife. Semoga dapet tiketnya ;)

13 comments:

  1. Wah... seru acaranya Mak Myra. Huhuhu... kapan ada acara begini di Bandung, ya? Heheheheh... gapapa ketang, review dari Mak Myra ini cukup memberi pengetahuan. TFS, Mak. ^^

    ReplyDelete
  2. hikkss tanggalnya kurang cucok mak, jadi ngga bisa dateng :( TFS makkk

    ReplyDelete
  3. tahun lalu pengen ikut, tapi belum jadi. tahun ini ikutan ga ya :D seru acara2nya TDA, udah pernah ikutan yang di lokal aja

    ReplyDelete
  4. pengen ikutan juga kalau ada di kota saya hehe...btw mak mira sahid aktif sekali ya mak :)

    ReplyDelete
  5. Wah, bagus acaranya ya Mbak
    Sayang jauh bener :)
    Makasi banget, infonya bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  6. Wow, acara penting neh...
    Semoga lancar dan sukses ya, Mbak

    ReplyDelete
  7. acaranya seru,suka banget sama dunia bisnis tapi sayng di jakardah....semoga suatu saat bisa ikutan ^^

    ReplyDelete
  8. sayang kemaren aku ga datang, ya mommy Chi..

    ReplyDelete
  9. Ish pengen ikutan deh mba. Sayang ya acara nya 3 hari dan tampak gabisa bawa si bebe :(

    ReplyDelete
  10. berkunjung kemari sambil ngabuburit, ditunggu kunjungan baliknya. barangkali ada yang bermanfaat untuk putra putrinya. selamat menunailan ibadaha puasa ya bu

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...