Friday, March 28, 2014

Rekening Ponsel Semakin Memudahkan Bertransaksi Tanpa Rekening Bank

Ada 3 alasan kenapa saya tertarik untuk datang ke acara DP Talk dengan tema "Transaksi Praktis Dalam Satu Gadget Untuk Netizen Yang Aktif" yang di selenggarakan oleh Dari Perempuan pada hari Sabtu, 22 Maret 2014 di Graha Niaga, Jl. Jend. Sudirman kav 58, Jakarta. Alasannya adalah:
  1. Saya termasuk netizen aktif
  2. Gadget itu udah seperti seperti seperuh jiwa saya *halah! Lebay, tapi pasti banyak juga yang kayak gitu, kan? :D
  3. Dan, saya kadang-kadang suka bertransaksi tapi suka males bawa cash kemana-mana sama ngantri di bank.
Ketika tiba di lokasi, saya tidak hanya diminta mengisi daftar hadir. Tapi, juga diminta mengisi form registrasi dari CIMB Niaga untuk dibikinkan rekening ponsel.

"Tapi, saya kan gak punya rekening dari CIMB Niaga?" tanya saya.
"Gak perlu punya rekening dari CIMB Niaga, kok. Ibu tetap bisa punya rekening ponsel," jelas salah seorang mbak dari CIMB Niaga.

Saya manggut-manggut dan nurut aja saat itu, walopun sebetulnya masih bingung. Dalam waktu singkat, sms masuk ke ponsel saya yang menyatakan registrasi go mobile di smartphone saya telah berhasil. Cepet banget prosesnya.

Narasumber : @EgardDewo (CIMB Niaga), @Frenavit (Security Online), Brandal14 (Penggiat Social Media)
Moderator: Matahari Timur

Setelah acara dimulai, saya baru mulai mengerti. Intinya, rekening ponsel adalah yang pertama di Indonesia dan di pelopori oleh CIMB Niaga. Rekening ponsel menjadikan ponsel kita seperti rekening tabungan yang dapat melakukan berbagai aktifitas transaksi perbankan seperti, setor tunai, tarik tunak, transaksi ATM, beli pulsa prabayar, transfer online, membayar tagihan, cek saldo, dan riwayat transaksi. Rekening ponsel ini bisa lintas operator, lho.

Rekening ponsel ini tidak dikenakan bunga, gak ada biaya admin, jadi uang kita utuh sampai kapanpun selama tidak ada transaksi. Bahkan minimal saldonya adalah Rp.0,-. Yang penting pastikan aja saat melakukan transaksi, ada pulsanya. Karena ada biaya pulsa untuk setiap transaksi. Gak perlu khawatir bakal lelet transaksinya karena CIMB Niaga menggunakan fasilitas internet premium.

Kenapa Rekening Ponsel?

Pertanyaannya sekarang adalah kenapa harus ponsel? Apalagi kalau melihat kerjanya mirip seperti e-money yang sudah dikeluarkan oleh beberapa bank sebelumnya.

Jumlah nomor ponsel diperkirakan lebih besar dari jumlah penduduk Indonesia.

Hari gini, siapa sih yang masih gak punya handphone? Ada juga, sih. Tapi, jumlah yang punya pasti lebih banyak. Udah gitu, satu orang bisa punya lebih dari 1 nomor ponsel. Salah satunya adalah saya :D

Gak cuma, jumlah nomor ponsel. Masyarakat pun banyak yang ketergantungan sama ponsel di zaman sekarang. Beberapa minggu lalu, saya pernah dengar salah seorang penyiar radio bertanya kepada para pendengarnya, "Lebih memilih ketinggalan ponsel atau dompet?". Ternyata, ketinggalan ponsel lebih bikin banyak orang mati gaya, hingga bela-belain balik lagi daripada ketinggalan dompet.

Saya pernah menggunakan e-money, tapi...

Beberapa tahun lalu, suami kalau kasih uang belanja bulanan selalu lewat e-money. Praktis, sih. Sayangnya 2x e-money saya rusak tanpa saya tau sebabnya kenapa. Padahal sama-sama saya simpan di dompet seperti kartu lainnya, tapi e-money kok sensitif banget. Kapok, akhirnya kembali ke cara lama, transfer rekening bank.

Kalau handphone hilang bagaimana?

Rekening ponsel, saya yakin gak akan sensitif kayak e-money. Tapi, kalau handphonenya hilang bagaimana? *Ini adalah pertanyaan dari Arie Goiq yang ngakunya cukup sering kehilangan ponsel.

Rekening ponsel punya pengaman ganda. Ada PIN dan juga ada passcode. Selama yang menemukan atau mengambil handphone gak tau PIN kita, nominal uang yang ada di rekening ponsel kita itu aman.

Nominal Maksimal

Jumlah nominal maksimal yang ada di rekening ponsel memang terbatas. Maksimal Rp5.000.000,00 Tapi, itu cukup banget buat beli nongkrong di Sevel sambil minum Slurpee, nonton di Blitz untuk semua kelas, berenang di Snow Bay sampai cape, dan lain sebagainya. Udah gitu, masih ada cash back 30% lagi (Bahkan Snow Bay diskon sampai 40%). Asik banget, kan!


Cara transaksinya gimana?

Ada 2 cara belanja dengan menggunakan rekening ponsel, yaitu :
  1. Tunjukkan nomor ponsel ke kasir, nanti kasir akan memprosesnya dengan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture). Kita ikuti aja prosesnya sampai selesai, tapi jangan lupa untuk mengecek kesesuaian jumlah transaksi yang tertera di mesin EDC, ya.
  2. Dengan kupon. Ada beberapa tempat yang sinyal internetnya susah banget. Untuk mencegah gagalnya transaksi dan menghindari kepanikan karena tkut dianggap gak bisa bayar, bisa dilakukan dengan cara membuat kupon terlebih dahulu. Caranya gampang, tinggal ketik SMS "kupon[spasi]nilai", kirim ke 1418. Kalau pakai kupon, sbaiknya dilebihkan nominalnya. Misalnya, kira-kira bakal belanja Rp150.000,00 bikin aja kupon dengan nominal Rp200.000,00. Gak perlu khawatir dengan sisa saldo yang gak kepakai dari kupon tersebut. Karena otomatis tetap berada di rekening ponsel kita.

Jauh dari ATM

Dapet transfer lewat rekening ponsel, tapi mau narik tunai ternyata jauh dari ATM. Gimana, dong *Ini pertanyaan dari ayah Dian Kelana.

Selama masih ada Alfamart, berarti kita tetep bisa tarik tunai, kok. Dan, zaman sekarang jumlah Alfamart lebih banyak dari jumlah ATM. Apalagi, akan menyusul kemudian Indomart. Wah, tambah banyak lagi deh pilihan mudah untuk tarik tunai.

Kalau lewat Alfamart akan kena biaya sebesar Rp3.000,00. Gak apa-apa, lah. Biaya antar bank malah Rp.5.000,00. Jadi, charge di Alfamart lebih kecil.
Masih bingung juga?

Kalau masih bingung atau pengen lebih jelas lagi apa itu rekening ponsel CIMB Niaga, coba lihat video ini, deh.


Atau lebih mantap lagi, kalau kita cobain langsung. Dipraktekin maksudnya. Kayak hari Senin lalu, saya pergi ke Pasific Place. Eh, dilantai 4 saya lihat Digital Lounge CIMB Niaga. Langsung, deh, saya tanya-tanya dan minta diajarin sama mas nya gimana cara masukin uang tunai ke  rekening posel. Waktu itu saya ke digital lounge sekitar pukul 18.00 wib. Dan, katanya buka sampai pukul 21.30 wib

Untuk percobaan pertama, saya coba masukin Rp20.000,00 aja dulu sambi dipandu sama mas dari CIMB Niaga. Dan, ternyata gampang banget. Gak ribet seperti yang saya bayangin sebelumnya. Hmmm... kira-kira ini uang Rp20.000,00 bakal saya belanjain dimana, ya? Atau saya tambahin dulu nominalnya, nih ;)


Menyetor uang tunai melalui ATM setor tunai di CIMB Niaga adalah salah satu cara untuk mengisi nominal rekening pulsa. Selain itu, ada beberapa cara lain, yaitu:
  1. Setor ke teller CIMB Niaga
  2. Transfer antar rekening ponsel
  3. Transfer dari bank dna bisa dari bank lain
Handphonenya udah smart *rata-rata orang sekarang pakai smartphone, kan. Udah saatnya, usernya juga ikutan smart. Salah satunya dengan menggunakan rekening ponsel CIMB Niaga ini. Tapi, tetep harus smart juga dalam bertransaksi online, ya.

16 comments:

  1. Era digital harus dimanfaatkan ya Mak, biar waktu kita lebih efisien :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak Ani. Gak perlu takut atau menjauhi sesuatu yang serba digital. Jaidkan sahabat dna gunakan dengan smart :)

      Delete
  2. Aku jarang bawa cash di dompet. Jadi, kalo pergi-pergi kudu bawa kartu dan smartphone. Tapi, kalo udah ada rek ponsel gini, kayaknya ga perlu bawa kartu lagi, ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa juga gak apa-apa, Mak. Karena limit rekening ponsel kan maksimal 5 juta. Siapa tau, Mak Haya mau belanja lebih besar dari 5 juta hehe

      Tapi, untuk transaksi di bawah 5 juta, bawa rekening ponsel aja :)

      Delete
  3. nah untuk masukkin uang ke hp nya gimana, mak? Seperti beli pulsa gitu? Sekarang tambah dimudahkan saja ya, tapinya ya musti faham dulu.
    btw untuk ikut acara seperti itu ada undangan khusus, ya, mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang, Mak.

      1. Setor tunai ke CIMB Niaga
      2. Transfer dari rekening ponsel lain
      3. Transfer dari rekening bank. Dan gak harus dari CIMB Niaga, lho :)

      Delete
    2. Setor tunai bisa pakai mesin CDM CIMB Niaga yg biasanya bersamaan sama mesin ATM-nya. Nanti ga perlu masukkin kartu, tinggal klik option rekening ponsel.

      Delete
    3. Cara termudah ngisi rekening ponsel adalah ke indomaret atau alfamart.
      Kemarin saya ngisi 100rb, bayar juga 100rb malah dpt bonus fresh tea 350ml

      Delete
    4. TARIK TUNAI maupun PEMBAYARAN di MERCHANT ( Indomaret / Alfamart caranya sama ya melalui KUPON ?
      Jadi misalkan sdh buat Kupon dgn nilai tertentu,
      bgtu tiba d kasir kita tinggal bilang ke kasirnya ;
      itu KUPON untuk TARIK TUNAI atau PEMBAYARAN ?
      Seperti itukah ?????????

      Delete
  4. Justru krn aku nasabah jd tertarik ikutan talkshow nya kemarin :)

    ReplyDelete
  5. Kalau mau daftar jadi nasabah baru cimbniaga apakah bisa melalui website https://aovi.cimbniaga.co.id.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau daftar rekening cimbniaga online dari website https://aovi.cimbniaga.co.id ya mas ?

      Delete
  6. Kalau saya salah transfer ke nomor hp orang kok bisa , padahal nomor salah yang ga sengaja kepencet itu nomor nya salah.Gimana dong ?

    ReplyDelete
  7. mba mau nanya kalau rekening ponsel ada nomer rekening seperti pada no atm pada umumnya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor rekeningnya adalah nomor telepon yg terdaftar.

      Delete
  8. Sya masih bingung rek ponsel itu maksud nya gmana sich apa sya isi pulsa 500ribu terus bisa buat bayar apa pun juga gitu maksudnya apa gmana,,, trus klo sya ga ada atm CIBE NIAGA GMANA,, ADA NYA BRI APA BRI GA BISA BEGITU YAA

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...