Thursday, January 30, 2014

50 Besar Srikandi Blogger 2014 - Mengkeret dan Mengagumi


Alhamdulillah, tahapan 50 besar Srikandi blogger 2014 untuk mempromosikan diri masing-masing sudah selesai dan nyaris tanpa ada hambatan berarti. Semoga lancar terus ke depannya, ya. Aamiin.

Melihat 50 besar Srikandi Blogger mempromosikan diri sendiri di FB dan Twitter (bahkan ada juga yang ditambahkan ke youtube, soundcloud, dan lainnya), yang langsung terpikirkan oleh saya saat itu adalah mengkeret dan mengagumi.

Mengkeret

Jujur, saya mengkeret membaca kultwit para 50 besar Srikandi Blogger 2014. Aktivitas kesehariannya bikin saya mengkeret. Rasanya saya bersyukur terpilih jadi salah satu finalis tahun lalu. Kalau tahun ini, mungkin saya lebih memilih 'ngumpet' :)

Maaf, bukan berarti saya mengecilkan kualitas para peserta tahun lalu, ya. Sama sekali tidak terpikirkan seperti itu. Tapi, mungkin karena tahun lalu pikiran saya terpecah-pecah. Maksudnya, walaupun sesama peserta saling mendukung, tapi sebagian pikiran saya lainnya adalah bagaimana saya bisa menyelesaikan tugas sebagai salah satu peserta Srikandi Blogger 2013 sebaik-baiknya. Saya harus tetap berbuat yang terbaik yang saya mampu. Pokoknya jangan kalah sebelum berperang. Jadi, ya, itu yang saya maksud terpecah-pecah pikirannya.

Sedangkan kalau sekarang karena saya salah seorang Makpan, apalagi saya dipercaya oleh maketu sebagai pic Humas, otomatis konsentrasi utama saya adalah memperhatikan para peserta. Termasuk saat para emak berpromosi.

Mengagumi

Dan, karena kali ini konsentrasi saya penuh kepada para peserta, saya jadi bener-bener bisa mengamati. Walaupun penilaian tetap saja ada ditangan Makjur. Makpan gak ikut-ikut.

Beneran, deh, semua peserta mengagumkan! Sesekali saya berpikir, kemana aja ya saya waktu masih muda? Beberapa peserta yang usianya lebih muda dari saya, aktivitasnya bikin saya geleng-geleng kepala. Peserta yang seumuran atau bahkan lebih dari saya pun, bikin saya 'wow'!

Sebetulnya, menceritakan diri sendiri dengan segala kelebihannya itu termasuk pamer gak, sih? Kalau menurut saya gimana sudut pandang kita. Saya pernah membuat postingan yang berjudul "Mengenali Diri Sendiri". Menceritakan pengalaman pribadi saya ketika dipanggil wawancara kerja di salah satu perusahaan besar nasional.

Pertanyaan dari HRD perusahaan tersebut gak banyak, kok. Saya 'cuma' diminta menceritakan tentang kelebihan dan kekurangan diri sendiri secara tertulis dan lisan dalam bahasa inggris! Cuma itu aja? Iya, cuma itu aja. Keliatannya simpel, ya. Tapi, cobain aja sendiri.

Sejatinya, menceritakan kelebihan atau kekurangan diri sendiri itu tidaklah mudah. Bagaimana, kita bisa terlihat baik menceritakan diri sendiri tanpa terlihat sebagai pribadi yang suka meratap, ngegalau, labil, dan lainnya ketika sedang bercerita tentang kekurangan diri. Bagaimana kita bisa menceritakan kelebihan diri sendiri tanpa terlihat tidak sedang menyombongkan diri atau berlebihan. Walopun tetep aja semua itu kembali ke sudut pandang orang yang menerimanya.

Dari pengalaman itu, cara berpikir saya berubah tentang menceritakan diri sendiri. Sesekali kita memang harus bisa menceritakan diri sendiri. Dan, gak perlu harus jadi caleg dulu untuk bisa menceritakan diri sendiri. Menceritakan diri sendiri juga bisa membuat kita mengukur seperti apa diri kita sebenarnya. Sudah cukupkah kita? Sudah benarkah kita? Karena sepertinya, dan bahkan seharusnya, kitalah yang harus lebih mengenal diri sendiri.

Oke, balik lagi ke promosi para peserta, ya. Banyak peserta melalui tweetnya menulis kalau gak pede menceritakan tentang diri sendiri. Saya menilainya itu sebagai bentuk kerendahan hati dari para peserta. Saya pun kalau diminta menceritakan diri sendiri secara terbuka atau tertutup tetap akan merasa grogi. Walopun tetap menganggap mengenali diri sendiri itu penting. :)

Mungkin kalimat ini terdengar basi 'menang atau kalah, lolos atau tidak ke babak berikutnya itu hanyalah bonus.' Saya berharap semua Emaks tetap menginspirasi. Dari kultwit 50 besar finalis Srikandi Blogger 2014 ada persamaan yang saya bisa dapatkan, yaitu semuanya sadar akan pentingnya internet sehat. Dan, buat saya hal itu penting karena jangan hanya sekedar melek internet. Selamat, Emaks! Dan teruslah menginspirasi :)

Penasaran siapa aja yang masuk 50 besar plus blognya? Silakan lihat di sini ^_^

24 comments:

  1. bener bun, aku kalo ditanya kelebihan dan kekurangan pasti deh melempar pandangan dulu, ke sampung atau ke atas, mikir dulu.. susah..

    ReplyDelete
  2. makpan..makasih perhatiannya di kultwit para finalis.. *peluk*

    ReplyDelete
  3. akupun mengkeret maak, yang lain kegiatannya segambreng, ada yang guru, traveller, langganan juara lomba blog, penulis buku, jago masak, aku kegiatannya nyuci, nyapu sama masak hihi

    ReplyDelete
  4. Huuuh...aku mengikuti saja Mak...klo disandingkan dengan peserta yg lain .....tak ada prestasi yg terlihat...tp kuakui aku pasti memiliki hal lain yg bs membuat aku yakiiin....aku pasti pasti bisa...hihiiii *curhat Mak

    ReplyDelete
  5. Saya juga mengkeret, tapi sekaligus bangga bisa berkenalan dengan para emak hebat #50FinalisSB2014 :)
    Makasih buat dukungannya sebagai MakPan, Mak Myra ^_^

    ReplyDelete
  6. eh,kok komenku g ada ya??hiyyaa...
    saya lebih mengkeret lagi mak,memang ya member KEB ini keren2 bangettt...banyak menginspirasi^^

    ReplyDelete
  7. Tapi bener Mak, aku minder dan groginya tingkat dewa. Sampek gak bisa mau bikin draft tulisan. Jadwal posting jam 9 pagi tapi saya baru mulai nulisnya jam 8,hiks,heheheh

    ReplyDelete
  8. mengkeret dan mengkaret....hihi mak Nyra saja mengkeret apalagi saya...senang dengan pesan terkhirnya mak: teruslah menginspirasi...

    ReplyDelete
  9. Mak Myraaaa....saya paling keder kalau sudah berjejer dengan para blogger sejati...begitu banyak yang masih harus saya pelajarii...#pecutdirisendiri...yang penting semangat! All good things will hopefully end up good...bismillahirrahmanirrahim...mari terus menginspirasi, walaupun bagi saya masih lebih pada mengingatkan diri sendiri...luv u all...

    ReplyDelete
  10. etapi beneran lho mak, sejak para finalis 50 besar KEB mulai mempromosikan diri dan rutin berkampanye keliatan banget klo mereka benar2 berkualitas.

    saking penasaran, aku sambangi blog mereka satu persatu dan decak kagum itu tiada henti2nya.....*lebay tp beneran lhoh.

    ReplyDelete
  11. Saya apalagi :))))) tapi saya yakin tiap orang punya kelebihan :))) dan bisa berguna buat org/makhluk lain ^^
    Saiah mah hopeless tapi senang...makasih keb

    ReplyDelete
  12. Aahh kalo tagline saya sih beda mak... siapapun pemenangnya, saya tetep juara di hati patjar :)))
    Alhamdulillah, meski ngga ada apa2nya dibanding finalis lain, tapi legaaa sdh melewati masa2 tes ke2. ;)

    ReplyDelete
  13. Masyaallah... Subhanallah... Keren bgt emak2 ini... Selalu itu yg keluar dr mulut tiap bca promosi emak n kultwit mereka... Salut sekaligus bangga bisa kenal mereka... :)

    ReplyDelete
  14. Saya juga keder habis deh mak, awalnya. panas dingin. blank. dihari kedua baru bisa konsentrasi

    ReplyDelete
  15. saya mak Chi saya pun begitu xixiix :D

    ReplyDelete
  16. kalau mencermati satu per satu,

    saya merasa amazing, mak .. saya ngga nyangka bisa di dalam satu atap bersama para penulis- jurnalis - blogger - author,dlsb yang teteeep membumi

    ReplyDelete
  17. Mengeret, menyusut, ga kering-kering. Itu sih jemuran eike, Mak. :v

    ReplyDelete
  18. daku mengkeret dan adem panas mb..hihihi... tapi disisi lain seneng dan bangga bisa kenal serta jadi bagian dari 50 finalis Srikandi Blogger.. trimakasih makpan & makjur :)

    ReplyDelete
  19. kagum dan senang banget bisa mengenal para finalis yang luar biasa... :)
    selain makin terinspirasi, semoga juga bisa ketularan.. aamiiin.

    hal yang berusaha saya ingat, apa tujuan awal saya ngeblog... alhamdulillah hati jadi adem.. nyesss ^_^

    ReplyDelete
  20. Sebagai salah satu calon Srikandi Blogger selayaknya akrab dan piawai memanfaatkan internet karena seorang blogger tentu banyak berhubungan dengan internet. Tak mungkin seorang yang gagap internet bisa ngeblog,bukan.

    Selain itu blognya juga harus berkualitas baik dalam tampilan, kinerja maupun kontennya. Calon Srikandi Blogger tentulah seorang blogger yang profesional dan bermoral.

    Saya juga mengapresiasi 50 orang ini. Semoga kecemerlangan mereka bukan hanya berhenti sampai acara ini selesai tetapi berlanjut terus.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  21. Makpan ampe siweer
    Melongo..
    Semua Emaks Keren2 !!

    ReplyDelete
  22. tak hanya 50 finalis, mak myra pun selalu bikin saya minder, tulisannya kece badaiii.. hihih

    ReplyDelete
  23. memang oke-oke srikandi blogger tahun ini :)

    ReplyDelete
  24. Saya yang newbie terus terang panas dingin mak Chi. Yang lainnya pada penuh prestasi semua gitu hihihiii... Selain kagum pada para finalis lainnya, saya juga kagum pada kesediaan makpan mengurus semua peserta, juga makjur yang mau 'repot' menilai tugas para finalis.
    Ah, semoga bukan hanya gelar srikandi yang nantinya akan hangat dibicarakan, namun lebih pada kehangatan rumah maya bersama : KEB :)

    ReplyDelete

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...